Kenali Penyebab Mesin Motor Tersendat-sendat

Kompas.com - 19/06/2019, 11:22 WIB
Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap komponen yang ada pada motor perlu dirawat kebersihannya. Termasuk juga dengan tangki bahan bakar yang bisa dibilang punya fungsi cukup vital. Sebab, jika kondisinya tidak terawat, akan membuat mesin motor menjadi tersendat-sendat.

Wendy, mekanik bengkel Amie Jaya Motor di Depok, mengatakan, kebersihan tangki bahan bakar perlu diperhatikan. Bukan hanya tampak luarnya saja, tapi juga bagian dalamnya. Kondisi ini berlaku mutlak untuk motor yang masih menggunakan karburator atau sudah injeksi.

Baca juga: Cara Tepat Penanganan Tangki Motor yang Bocor

"Untuk motor yang masih menggunakan karburator, perlu diperhatikan kebersihan pada tutup tangkinya. Jika lubang hawa pada tutup tangki tersumbat kotoran, ini bisa membuat mesin motor jadi tersendat-sendat, seperti akan mogok. Sebab, udara tidak bisa masuk untuk mendorong bensin," ujar Wendy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sementara untuk motor yang sudah menggunakan sistem injeksi, di bagian dalam tangki bahan bakar sudah dilengkapi dengan fuel pump yang akan menyedot bahan bakar. Namun, kebersihan di bagian dalam tangki tetap perlu diperhatikan.

Baca juga: Modal Cuka, buat Usir Karat pada Tangki Bensin Motor

"Kotoran-kotoran yang ada di dalam tangki bisa saja menumpuk di bagian filter fuel pump. Sehingga, kinerjanya menjadi terganggu dan bisa membuat motor menjadi tersendat-sendat juga," kata Wendy.

Wendy menyarankan, sebaiknya pemilik motor menguras tangki bahan bakar atau membersihkan filter fuel pump sesekali. Khususnya untuk motor yang usianya terbilang sudah lama.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X