Pentingnya Stan Motor untuk Merayu Pengunjung Jakarta Fair

Kompas.com - 29/05/2019, 09:22 WIB
Stan Kawasaki JFK 2019 KOMPAS.com/GilangStan Kawasaki JFK 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Stan ibarat etalase dari produk yang akan dijajakan, karena itu area pajang ini harus dibuat semenarik mungkin. Tak terkecuali dengan stan para produsen sepeda motor di ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019.

Dari sejumlah nama yang ikut JFK 2019, stan empat pabrikan Jepang yaitu Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki, yang ada di area outdoor masih jadi yang paling megah. Namun begitu, tiap merek punya jurus masing-masing dalam menggoda pengunjung.

Baca juga: Skutik Bongsor Masih Irit Diskon di Jakarta Fair 2019

Honda contohnya, masih menampilkan motor para pebalap andalannya, yaitu Honda CBR250RR milik Rheza Danica yang berlaga di ARRC AP250. Namun, jika sebelumnya juga memajang motor Marc Marquez, maka kali ini hanya versi jalan raya yaitu Honda RC213V-S.

Honda Gold WingFoto: Wahana Honda Honda Gold Wing

Tahun ini Honda membuat tempat khusus untuk memajang motor gede (moge) yang terpisah dari unit lainnya. Tempat eksklusif ini memiliki pramuniaga pilihan yang disebut Honda sebagai BigBike Consultant yang akan memberikan penjelasan ke konsumen.

Di lain sisi Yamaha juga turut memajang dua motor pebalap andalan mereka, yang pertama yaitu motor replika YZR-M1 yang dipakai Valentino Rossi di MotoGP 2019, dan motor kedua yaitu YZF-R3 yang dipakai Galang Hendra di kejuaraan WSSP 300.

Yamaha YZ250KOMPAS.com/Gilang Yamaha YZ250

Untuk menarik pengunjung, Yamaha menampilkan sejumlah musisi yang ikut memeriahkan stan seperti Ari Lasso, Andra and The Backbone, dan Angel Percussion. Sedangkan untuk produknya Yamaha memajang berbagai model mulai skutik, bebek, motor sport, dan tril.

Baca juga: Ragam Helm "Full Face" Rp 500.000-an di Jakarta Fair 2019

Konsep yang sedikit berbeda dihadirkan Suzuki yang menampilkan dua lini produknya yaitu mobil dan motor. Suzuki mulai mendekati para milenial dengan membuat tempat yang asik untuk mengambil gambar ataupun berswafoto.

Stan Suzuki di JFK 2019 untuk tempat berswafotoKOMPAS.com/Gilang Stan Suzuki di JFK 2019 untuk tempat berswafoto

"Betul konsep kita sedikit berbeda dari tahun lalu. Kita ingin stan kita bukan hanya untuk tempat jualan atau pamer produk, tapi juga bisa dekat dengan konsumen. Kita ingin ini lebih milenial, atau istilahnya instagram able," kata Banggas F Pardede, Market Relation Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada Kompas.com.

Stan Kawasaki masih hadir dengan konsep yang jadi ciri khas yaitu hitam-hijau. Selain memajang produk-produk andalan seperti Kawasaki KLX 230 yang baru melakukan world premier, 'Geng Hijau' juga menampilkan beberapa motor custom sebagai pemanis.

W175 custom di stan Kawasaki di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019.Kompas.com/Donny W175 custom di stan Kawasaki di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019.

Total ada enam motor custom yang ada di stan Kawasaki. Sebagian besar dikerjakan oleh bengkel modifikasi ternama seperti Katros Garage yang penah membuatkan motor custom untuk Presiden Jokowi.

"Memang motor ini bisa jadi arahan untuk modifikasi. Jadi kita akan memberikan terus inspirasi untuk orang-orang," ujar Sucipto Wiyono, Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division KMI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X