5 Jurus Mudik Aman dari Daihatsu

Kompas.com - 26/05/2019, 13:23 WIB
Daihatsu Sahabat Mudik 2019dok ADM Daihatsu Sahabat Mudik 2019

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, pekan depan dipastikan arus mudik Lebaran 2019 sudah akan dimulai. PT Astra Daihatsu Motor (ADM), memberikan edukasi kepada ratusan pemilik Daihatsu, dalam tema "Daihatsu Sahabat Mudik 2019".

Sebelum melepas para konsumen yang tergabung dalam beragam komunitas ini, ADM menggandeng Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), untuk memberikan edukasi penting selama perjalanan mudik.

Direktur SDCI Sony Susmana memaparkan bagaimana menerapkan pola berkendara defensif saat melakukan perjalanan mudik. Berkendara defensif ini berbeda dengan safety driving yang selama ini banyak dianut para pemilik kendaraan.

Baca juga: Daihatsu Tutup Rapat Informasi Pembaruan Sigra

“Kalau safety driving, lebih kepada bagaimana kita mengoperasionalkan kendaraan, sedangkan defensive driving lebih kepada bagaimana kita mengendalikan perilaku kita saat berkendara,” ujar Sony, Minggu (26/5/2019).

Ada lima hal utama dalam defensive driving yakni;
1. Jaga mata. Pemudik harus memasang mata yang awal dari sekeliling, baik depan, samping dan belakang.

2. Commentary driving, di mana mengomentari hal-hal yang terjadi di lingkungan luar.

3. Menjaga jarak, dengan kendaraan di depan. Usahakan semaksimal mungkin tidak berada di depan mobil besar untuk menghindari tabrakan karena rem blong.

4. Jaga kecepatan kendaraan.

5. harus melihat dan dilihat. "Pastikan kita bisa melihat kondisi lingkungan dan sebaliknya, lingkungan bisa tahu kendaraan kita,” ujar Sony.

Menurut Sony, kita memang tidak mungkin bisa menghindari kecelakaan, tetapi setidaknya dengan berkendara defensif bisa menekan risiko kecelakaan.

“Kegiatan mudik bersama ini merupakan salah satu wujud apresiasi Daihatsu kepada para pengguna mobil Daihatsu,” ujar Customer Satisfication & Value Chain (CSVC) Division Head Astra Daihatsu Motor Budi Mahendra.

Peserta terdiri atas 114 keluarga yang berasal dari 13 klub Daihatsu. Mereka adalah, Daihatsu Taruna Club (DTC), Daihatsu Ayla Indonesia (DAI), Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Calya Sigra Club (CALSIC), Gran Max Luxio Indonesia (MAXXIO), Taruna Owners (TO), Classy Charade Winner (C2W), Daihatsu Zebra Club (ZEC), Sirion Community (SIC), Terios Indonesia, All New Rush Terios Indonesia, Ceria Club Indonesia, dan Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC).

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X