Kawasaki Ninja 150 RR 30th Anniversary, Incaran Loyalis Ninja 2-Tak

Kompas.com - 24/05/2019, 14:42 WIB
Kawasaki Ninja 150 RR 30th Anniversary Edition. Oni FaristiwaKawasaki Ninja 150 RR 30th Anniversary Edition.

JAKARTA, KOMPAS.com - Awak redaksi kali ini coba menghadirkan foto motor-motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan tersebut akan hadir reguler setiap Jumat sore, di kanal otomotif Kompas.com.

Di minggu ketujuh ini, awak redaksi menghadirkan Kawasaki Ninja 30th Anniversary Edition. Tak bisa dipungkiri, motor 2-tak yang satu ini juga menjadi salah satu motor yang legendaris di Indonesia dan diincar banyak pecinta kecepatan.

Baca juga: Peminat Ninja 150 Cc Menurun, tetapi Komunitasnya Berkembang

Nama Kawasaki Ninja di Jepang sudah lahir sejak 1984. Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-30, mereka mengeluarkan edisi spesial untuk Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R. Tak mau ketinggalan, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga merayakannya pada Ninja 150 RR.

Ninja edisi spesial ini didominasi warna hijau dan putih. Di bagian bawah fairing tercetak tulisan 'Ninja 30th Anniversary' dan diakhiri dengan bendera Jepang. Sementara di bagian angka 30, diberi sentuhan emas.

Kawasaki Ninja 150 RR 30th Anniversary EditionOni Faristiwa Kawasaki Ninja 150 RR 30th Anniversary Edition

Meskipun dibilang edisi spesial, tapi KMI tidak memproduksinya dalam jumlah terbatas. Perbedaan juga hanya pada tampilannya saja, tidak ada perubahan di sektor mesin. Masih menggunakan mesin 150cc yang sama, yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 21 Kw pada 11.000 rpm dan torsi 20 Nm pada putaran 9.000 rpm.

Kawasaki Ninja yang pertama kali muncul di Indonesia adalah Ninja 150. Motor ini keluar pada 1996 dengan kode produksi KR 150 C. Motor sport ini dibekali dengan mesin berkubikkasi 150cc, silinder tunggal, dan sistem pembakaran karburator.

Baca juga: Nasib Ninja 150 Tak Seperti RX King, Ini Kata Kawasaki

Ninja 150 terus mengalami perkembangan dan peningkatan. Baru pada tahun 2002, masuk Kawasaki Ninja 150 RR, dengan bodi full fairing yang didatangkan secara CBU dari Thailand.

"Ninja menurut saya adalah motor idaman anak muda yang suka dengan kecepatan. Ninja adalah motor yang keren, kencang, mudah untuk dimodifikasi. Bahkan, sampai sekarang pun motor ini tetap keren," ungkap Oni Faristiwa, perupa sketsa Ninja 150 RR di atas, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Motor ini menggunakan mesin baru berteknologi Super KIPS (Kawasaki Integrated Power Vlave System). Teknologi ini adalah sebuah teknologi buka tutup katup untuk membagi saat mesin meraung di putaran rendah dan tinggi, tujuannya untuk meminimalisir gas buang supaya tidak terbuang sia-sia di putaran rendah.

Baca juga: Penggemar Ninja 150 Belum Tahu Rasanya Naik RR Mono

"Dulu pernah ingin punya sekali Ninja 150 RR. Tapi saya lebih suka yang model lama, yang fairing-nya masih besar, yang masih CBU Thailand," ujar Oni.

Sekarang ini, harga Ninja 150 RR dapat menyentuh angka tertinggi di kisaran Rp 30 jutaan. Hanya turun sedikit dari harga belinya dengan kondisi baru.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X