Kompas.com - 17/05/2019, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti yang sering terjadi dari tahun ke tahun saat mudik Lebaran, lokasi peristirahatan atau rest area di tol selalu menjadi tempat yang dipenuhi oleh pemudik. Dengan sistem one way atau satu arah saat arus mudik dan balik, diyakini dapat mengurangi terjadinya penumpukan di rest area.

Dessy Arryani, Direktur Utama PT Jasa Marga, mengatakan bahwa sistem one way sudah dibahas secara detail dan teknis. Mereka pun menyatakan kesiapannya, termasuk dari segi rest area yang ada di Tol Trans Jawa yang diprediksi akan jadi jalur favorit para pemudik.

Baca juga: Sistem One Way siap Diberlakukan Saat Mudik, Begini Rutenya

"Kalau pakai sistem traffic yang biasa, yang akan terjadi adalah penumpukan di rest area. Sebaliknya, di sisi satunya yang mengarah ke timur kosong. Begitu pula saat arus balik, yang ke barat penuh, tapi ke timur kosong," ujar Dessy, saat diskusi yang digelar TerasKita dengan tema 'Mudik Selamat, Guyub Rukun' di Crowne Plaza Hotel, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Dessy menambahkan, one way bagi Jasa Marga salah satunya adalah solusi untuk mengatasi macet yang disebabkan rest area. "Dengan sistem ini, traffic menjadi rata, dan rest area bisa sama-sama terisi," kata Dessy.

Baca juga: 14,9 Juta Unit Kendaraan Akan Mudik Tinggalkan Jakarta

Seperti diketahui, pemerintah sudah menetapkan sistem one way yang akan diberlakukan saat arus mudik, yakni pada tanggal 30 Mei, 1 dan 2 Juni 2019. Mulai dari KM25 Cibitung sampai KM 29 Cikarang Utama berlaku contraflow. Lalu, sampai KM 263 Brebes Barat berlaku one way.

Sementara untuk arus balik, berlaku pada tanggal 7-9 Juni 2019, mulai dari KM 189 Palimanan sampai KM 25 Cikampek Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.