14,9 Juta Unit Kendaraan Akan Mudik Tinggalkan Jakarta

Kompas.com - 16/05/2019, 14:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Total kendaraan dari Jabodetabek yang akan melakukan mudik Lebaran 2019 diprediksi mencapai 14,9 juta kendaraan. Sedangkan secara keseluruhan, jumlah pemudik mobil tahun ini meningkat 30 persen sedangkan sepeda motor 20 persen.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin mengatakan, berdasarkan hasil survei Angkutan Lebaran 2019 dari Badan Litbang Perhubungan, Jawa Tengah masih jadi tujuan utama pemudik, disusul Jawa Barat dan Jawa Timur di tempat ketiga.

Baca juga: Pilih Asuransi Mobil yang Tepat buat Mudik Lebaran

"Pemudik sebagian besar menuju ke Jawa Tengah, nomor dua Jawa Barat dan Jawa Timur. Sisanya lain-lain termasuk ke luar pulau, ke arah Sumatera ada tapi tidak banyak jika dibandingkan dengan Jawa," kata Benyamin kepada Kompas.com, Kamis (16/5/2019).

Jawa Tengah menyerap 5,6 juta atau 37,68 persen dari total pemudik. Jawa Barat di posisi kedua sebesar 3,7 juta atau 24,89 persen, dan Jawa Timur sebesar 1,6 juta atau 11,14 persen. Pengunaan jalan tertinggi untuk roda empat masih berada di Tol Cikampek, sedangkan roda dua di jalur Pantura.

Baca juga: Potensi Bahaya saat Istirahat Mudik di Dalam Kabin Mobil

"Strategi yang kita terapkan dan mungkin masih efektif yaitu one way, yang akan kita lakukan pada puncak arus mudik mulai 30 Mei-2 juni 2019. Sedangkan untuk arus balik dari tanggal 8-10 Juni 2019. Walaupuns sebetulnya tanggal 10 itu sudah masuk senin," katanya.

Sistem satu arah ini akan diterapkan di tol Cikampek mulai dari km 29 Gerbang Tol Cikarut didahului contra flow di km 25 sampai km 262 yaitu di exit tol Brebes Barat. Hal ini dilakukan supaya meminimalisir penumpukan kendaraan di Cikampek yang sangat padat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.