Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Asuransi Mobil yang Tepat buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 16/05/2019, 03:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada dasarnya asuransi mobil terbagi menjadi dua, pertama jenis comperhensive dan total loss. Jika memutuskan mudik memakai mobil pribadi maka dianjurkan memakai yang jenis pertama.

Laurentius Iwan, Marketing Communication & PR Manager Garda Oto mengatakan, dengan asuransi mobil jenis comperhensive atau menyeluruh, pihak asuransi akan melindungi segala kerusakan yang terjadi mulai dari rusak ringan sampai berat.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Asuransi Mobil

"Pilih asuransi yang comperhensive karena lengkap. Jenis ini bisa mencakup partial loss dan total loss sekaligus. Jadi kita juga lebih nyaman. Karena di jalan apa saja bisa terjadi, bisa cuma terserempet terus spion kita patah. Nah jenis asuransi ini mencakup penggantian seperti itu. Kalau cuma total loss doang gak bisa," kata Iwan, di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Iwan mengatakan, partial loss atau kerusakan sebagian melindungi mobil dari kerusakan ringan yang sifatnya kecil. Sedangkan total loss untuk kehilangan dan atau kecelakaan besar yang jika dihitung biaya perbaikannya sama dengan 75 persen harga mobil.

Baca juga: Cek Asuransi Mobil, Biar Liburan Lebih Tenang

"Total loss untuk mobil hilang atau kecelakaan tapi biasanya perbaikan di atas 75 persen. Contoh mobil kamu tertabrak, begitu di survei ternyata biaya perbaikannya di bawah itu, tidak bisa diganti dengan total loss. Kalau yang partial loss itu bisa," katanya.

Iwan mengatakan, asuransi merupakan salah satu solusi untuk memastikan berkendara pulang dan balik mudik dengan nyaman. Karena mudik merupakan peristiwa khusus yang dilakukan setahun sekali.

"Mudik kondisi jalan sedang penuh dan padat, artinya faktor risiko lebih besar dibanding yang biasa. Tadinya tidak biasa mengemudi jauh sekarang jauh. Dengan demikian asuransi merupakkan salah satu solusi," kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com