Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Kebersihan Motor Sebelum Ditinggal Mudik

Kompas.com - 16/05/2019, 04:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mudik, beberapa orang ada yang meninggalkan sepeda motornya di rumah. Namun sebelum ditinggalkan, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dari motor tersebut.

Mudik atau pulang kampung pasti dilakukan dalam waktu lama, mungkin paling cepat satu minggu. Dalam kurun waktu selama itu, motor yang ditinggal juga perlu diperhatikan.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil Matik, Pelajari Fungsi Tuas Transmisinya

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, menganjurkan untuk mencuci dan membersihkan motor sebelum pergi mudik. Selain itu, perhatikan juga tempat memarkir atau menyimpan motor.

"Tempat penyimpanan disarankan di tempat yang bersih, karena takutnya ada tikus. Nanti, tikus ini bisa menggigiti kabel-kabel pada motor. Selain itu, hindari juga terkena hujan," kata Rendra, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta buat Dipakai Mudik

Menurut Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, oleskan juga wax pada semua permukaan yang dicat, kecuali permukaan yang dicat warna matte atau dof. Berikan lapisan oli pencegah karat pada semua komponen berbahan chrome.

Tempat yang terbaik untuk meninggalkan motor dalam waktu lama adalah di dalam rumah. Selain lebih aman, motor juga akan terlindung dari cuaca, baik sinar matahari langsung atau cipratan air hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com