Kompas.com - 13/05/2019, 12:23 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas gardan atau girboks pada skutik berfungsi untuk melancarkan perpindahan gigi transmisi. Biasanya di bengkel tersedia oli khusus gardan, tapi kalau tidak ada dan dalam keadaan terpaksa bisa diganti dengan oli mesin.

"Untuk oli gardan sebaiknya gunakan oli khusus gardan. Tapi bila tidak tersedia dapat gunakan oli mesin matik Jaso MB," kata Venus Adha, Head of Main Dealer Training Center Wahana, Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang kepada Kompas.com.

Baca juga: Mampukah Wajib SNI Hapus Peredaran Oli Palsu?

Jaso merupakan singkatan dari Japanese Automobile Standard Organization, badan yang menetapkan klasifikasi performa oli. Sedangkan kode MB berarti untuk mesin 4-tak yang menganut kopling kering seperti pada skutik.

Oli dengan spesifikasi Jaso MB biasanya lebih licin ketimbang Jaso MA. Sengaja dibuat seperti itu karena oli Jaso MB tidak melumasi kampas kopling. Beda dengan oli Jaso MA untuk sistem kopling basah atau yang kampas koplingnya terendam oli.

Baca juga: Asal Tambah Oli Mesin, Siap Tanggung Akibatnya

Mengutip pernyataan M. Haniffudin, ahli dan peneliti pelumas dari situs resmi Federal Oil mengatakan, oli mesin cocok dan tidak masalah untuk digunakan sebagai pelumas bagian transmisi di motor matik.

"Sebenarnya oli gardan yang dijual di pasaran itu isinya sama saja dengan oli mesin. Cuma kemasannya aja yang dibuat berbeda. Tidak apa-apa. Kerja gardan di motor matik ringan tidak seberat kerja gardan di mobil. Jadi bisa saja pakai oli mesin karena adiktif yang dipakai juga sama," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.