Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaidah Oli Mesin Buat Oli Gardan SKutik

Kompas.com - 13/05/2019, 12:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas gardan atau girboks pada skutik berfungsi untuk melancarkan perpindahan gigi transmisi. Biasanya di bengkel tersedia oli khusus gardan, tapi kalau tidak ada dan dalam keadaan terpaksa bisa diganti dengan oli mesin.

"Untuk oli gardan sebaiknya gunakan oli khusus gardan. Tapi bila tidak tersedia dapat gunakan oli mesin matik Jaso MB," kata Venus Adha, Head of Main Dealer Training Center Wahana, Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang kepada Kompas.com.

Baca juga: Mampukah Wajib SNI Hapus Peredaran Oli Palsu?

Jaso merupakan singkatan dari Japanese Automobile Standard Organization, badan yang menetapkan klasifikasi performa oli. Sedangkan kode MB berarti untuk mesin 4-tak yang menganut kopling kering seperti pada skutik.

Oli dengan spesifikasi Jaso MB biasanya lebih licin ketimbang Jaso MA. Sengaja dibuat seperti itu karena oli Jaso MB tidak melumasi kampas kopling. Beda dengan oli Jaso MA untuk sistem kopling basah atau yang kampas koplingnya terendam oli.

Baca juga: Asal Tambah Oli Mesin, Siap Tanggung Akibatnya

Mengutip pernyataan M. Haniffudin, ahli dan peneliti pelumas dari situs resmi Federal Oil mengatakan, oli mesin cocok dan tidak masalah untuk digunakan sebagai pelumas bagian transmisi di motor matik.

"Sebenarnya oli gardan yang dijual di pasaran itu isinya sama saja dengan oli mesin. Cuma kemasannya aja yang dibuat berbeda. Tidak apa-apa. Kerja gardan di motor matik ringan tidak seberat kerja gardan di mobil. Jadi bisa saja pakai oli mesin karena adiktif yang dipakai juga sama," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com