Sensasi Singkat Wuling Cortez Bermesin Almaz

Kompas.com - 25/04/2019, 08:02 WIB
Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.COM - Wuling memperkaya varian Cortez dengan meluncurkan model CT yang menggunakan mesin turbo 1.500 cc milik Almaz. Otomatis tenaga yang dihasilkan pun terdongkrak signifikan hingga 140 tk pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm di 1.600-3.600 rpm.

Sensasi yang dihadirkan memang berbeda, apalagi ditambah dengan penggunaan transmisi CVT delapan percepatan yang membuat Cortez naik kelas. Saat Kompas.com melakukan pengujian singkat di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, performanya menjadi lebih agresif.

Putaran mesin terasa eneteng mulai sejak awal menginjak pedal gas. Menariknya lagi, para awak media diajak untuk menguji langsung Cortez di Sirkuit Sentul melalui beberapa metode, seperti handling, hard braking, akselerasi, sampai fitur hill hold control.

Baca juga: Menakar Harga Wuling Cortez Bermesin Turbo

Wuling Cortez CT bermesin Almaz Wuling Cortez CT bermesin Almaz

Masuk ke lintasan, pedal gas mulai diinjak lebih dalam dan langsung melakukan pengujian kestabilan dengan memasuki tikungan dengan kecepatan di antara 60-70 kpj. Hasilnya cukup mengejutkan, dengan bodi boxy ternyata efek body roll Cortez relatif minim.

Walau bantingan sedikit terasa keras, namun memang masih dalam status wajar, kemudi pun bisa ditangani dengan baik tanpa ada gejala understeer. Sementara ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi, Cortez terbantu dengan adanya fitur kontrol traksi yang bisa mengoreksi agar pengendalian tetap optimal.

Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT

Hal ini dibuktikan ketika melintasi rintangan zig-zag dengan kecepatan di atas 40 kpj, kemudi masih bisa dikontrol dengan baik. Pengujian sistem pengereman yang meliputi ABS, EBD, dan BA dilakukan dengan aksi hard braking pada kecepatan tinggi untuk mengindari rintangan.

Ketika pedal rem dihinjak habis ada getaran yang memandakan perangkat ABS bekerja dengan baik, kemudi yang dibanting ke kiri untuk menghindari rintangan pun masih bisa dikuasai. Namun saat melakukan aksi tersebut, lampu hazard akan langsung menyala sebagai penanda bagi pengguna jalan lainnya.

Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT

Masuk ke sisi performa, di sini wartawan diberikan kesempatan menginjak habis pedal gas untuk merasakan sensasi mesin 1.500 cc turbo milik Almaz pada sektor lintasan lurus. Hasilnya, tidak begitu mengecewakan, meski sedikit lambat di putaran bawah, tapi ketika rpm sudah di atas 3.000, putaran mesinnya terasa terus mengisi tenaga ke sistem penggerak roda depan.

Baca juga: Satu Mesin, Cortez Turbo dan Almaz Beda Haluan

Cortez CT pun mampu diajak melesat hingga 150 kpj saat tuas transmisi di pindah ke posisi sport. Gejala limbung pun tak terasa, sementara akselerasi di tiap perpindahan gigi juga mulus berkat penggunaan CVT delapan percepatan yang tak lain juga milik Almaz.

Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT

Selain dari sisi performa, Wuling juga sebenarnya memberikan kenyamanan baru bagi calon konsumen Cortez CT di sektor interior. Mulai dari balutan jok baru dengan warna yang lebih cerah, keyless entry, one press engine start, keyless remote, dan emergency stop signal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X