Korlantas Resmikan Samsat Online Nasional

Kompas.com - 05/04/2019, 07:02 WIB
Samsat Online Nasional (e-Samsat) Samsat Online Nasional (e-Samsat)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Perjanjian Kerja Sama (PKS) Samsat Online Nasional 2019 ( e-Samsat). Hadirnya layanan ini, menjadi upaya dalam memberikan kemudahan para wajib pajak kendaraan bermotor dengan aplikasi berbasis mobile.

" Samsat Online Nasional terwujud berkat sinergitas, sinkronisasi, dan harmonisasi hubungan antar instansi. Adanya Samsat online akan mampu mendorong kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya sehingga mampu memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat," kata Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo, yang dikutip dari ntmcpolri.info, Kamis (4/4/2019).

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri, menjelaskan, bila penandatanganan MOU dan PKS e-Samsat Nasional 2019 menjadi momentum yang sangat penting dan membanggakan. Dengan integarasi bersama seluruh jajaran Polda di Indonesia, dianggap sangat memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Baca juga: Layanan Samsat Online Mau Dibuat Menyeluruh

Refdi menjelaskan, bila e-Samsat sendiri bukan merupakan produk baru, tapi programnya sudah dimulai sejak 2017 lalu. Saat itu, baru tujuh provinsi yang sudah tergabung, dan pada 2018 bertambah menjadi 17 provinsi pada 2018 lalu hingga akhirnya hari ini resmi di seluruh Indonesia.

"Untuk Samsat Online Kita sudah melakukan gagasan dan kita kembangkan terus, hingga di 2019 ini kita target akan online seluruh Indonesia dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia," ucap Refdi.

Samsat Online Nasional (e-Samsat) Samsat Online Nasional (e-Samsat)

Lebih lanjut Refdi berharap bila adanya teknologi ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain itu mayarakat pun bisa merespon dengan bagi dan memanfaatkan kemudahan yang sudah disediakan.

Proses penendatanganan MoU dan PKS dilakukan bersama dengan seluruh instansi yang terlibat di 34 wilayah Provinsi Indonesia. Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang hadir dalam acara pun menyambut baik layanan ini dan berharap warga bisa memanfaatkan aplikasi dengan cara mengunduhnya.

"Hari ini kita memasuki era baru, semua telah diintegrasikan, teknologi kini memfasilitasi masyarakat. Semua terobosan pada ujungnya untuk masyarakat. Kita berharap integrasi ini memberikan pelayanan dan memiliki pertanggungjawaban yang lebih baik,” ujar Anies.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NTMC Polri
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X