Layanan Samsat Online Mau Dibuat Menyeluruh

Kompas.com - 06/11/2018, 08:42 WIB
Warga memanfaatkan layanan e-form di Samsat Jakarta Selatan yang terlentak di komplek Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/3/2018). Kompas.com/Sherly PuspitaWarga memanfaatkan layanan e-form di Samsat Jakarta Selatan yang terlentak di komplek Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -Korlantas Polri berencana memperluas layanan Samsat Online ke seluruh wilayah Indonesia. Upaya persiapan tengah dilakukan, dibawah atensi langsung Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri.

Upaya melakukan koordinasi dengan para mitra kerjasama yang terlibat dalam pelayanan dan pembayaran Samsat Online, tengah dilakukan. Refdi menjelaskan, layanan Samsat online nantinya akan diterapkamn di 23 provinsi di Indonesia. Selama ini, hanya tersedia di tujuh Samsat saja, dan itupun belum bekerja maksimal.

"Pada rapat Anev dan Koordinasi Samsat tingkat nasional nanti sekaligus ada penandatanganan nota kesepahaman dan PKS kerjasama Samsat online nasional," ucap Refdi seperti dilansir laman NTMCPolri, Selasa (6/11/2018).

Baca juga: "PR" Korlantas Polri jika Mau Ganti Warna Pelat Nomor

Kakorlantas menginginkan sebelum hal itu terjadi, sebaiknya melakukan pembenahan sistem, fitur, terutama untuk kerja hal dalam masalah pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Suasana Samsat Jakarta Timur pasca pengapusan denda pajak kendaraan hingga 31 Agustus 2018, (29/6/2018)STANLY RAVEL Suasana Samsat Jakarta Timur pasca pengapusan denda pajak kendaraan hingga 31 Agustus 2018, (29/6/2018)


"Saya kira kita hanya perlu mengubah, dan hal ini ditanggapi positif secara bersama, tidak perlu tambah perangkat baru, sehingga bisa dijalankan dengan maksimal," kata dia.

Dalam beberapa hari ke depan, Korlantas Polri akan melakukan evaluasi soal Samsat online yang sudah berjalan sejak tahun lalu.

"Jadi nanti masyarakat tidak harus kerja dua kali. Sekarang kan bayar ke bank atau ATM setelah itu datang lagi ke Samsat untuk melakukan pengesahan, nanti tidak akan seperti itu," ucap Refdi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X