Tanggapan Scania Soal Bus Listrik di Indonesia

Kompas.com - 02/04/2019, 14:24 WIB
Scania Trans JawaKOMPAS.com / Aditya Maulana Scania Trans Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - PT United Tractors Tbk (UT) sebagai distributor bus dan truk Scania di Indonesia, mengaku akan mengikuti pergerakan tren kendaraan listrik di Indonesia. Secara jangka panjang, sudah pasti menjual bus listrik untuk konsumen di Indonesia.

Harijadi Mawardi, General Manager PT United Tractors Tbk menjelaskan, secara waktu belum bisa dipastikan tetapi mengenai produk sudah punya terutama di pasar global, Scania sendiri merupakan merek besar dan memiliki jajaran produk lengkap.

"Kalau globalnya kami sudah punya bus listrik, tetapi sekarang ini belum bisa di bawa ke Indonesia, mengingat masih setir kiri dan lain sebagainya," ujar Harijadi ketika berbincang dengan Kompas.com di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2019).

Baca jujga: Simak Jadwal Bus Listrik Transjakarta Mulai Beroperasi

Harijadi melanjutkan, untuk sekarang ini apabila melihat secara kondisi infrastruktur di Indonesia maka peredaaran bus listrik masih belum maksimal. Namun, ke depan dipastikan bisa lebih banyak lagi mengingat tren global pun mengarah ke sana.

Bus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawasKompas.com/Setyo Adi Bus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas

"Sekarang masih ada beberapa mungkin, tetapi sudah pasti komitmen kita ke depan juga akan mengarah ke sana meski belum tahu kapan waktunya," ucap Harijadi.

Baca juga: Transjakarta Siapkan Dokumen Uji Coba Bus Listrik

Sekarang ini, Scania pun sudah mendukung pemerintah mengenai kendaraan ramah lingkungan, dengan menghadirkan bus berbahan bakar gas yang telah digunakan oleh Transjakarta.

"Bus yang digunakan Transjakarta ada yang bahan bakar gas, itu merupakan suplai dari kami. Mungkin ke depan kami akan menyediakan bus listrik untuk transportasi umum atau pun pariwisata," kata dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X