Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Buka Peluang HiAce Baru Hadir di Indonesia

Kompas.com - 25/03/2019, 14:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota HiAce terbaru sudah resmi dihadirkan di Filipina beberapa waktu lalu. Model mobil komersial Toyota ini juga punya pasar tersendiri di Indonesia dengan catatan penjualan wholesale Februari lalu sebanyak 393 unit.

Lantas kapan pembaruan HiAce ini dapat tiba di Indonesia? Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan pihaknya terus melihat kemungkinan-kemungkinan yang ada.

“HiAce baru bisa saja dimasukkan. Untuk kapan, saya tidak bisa bilang. Ada waktunya. Saat ini HiAce didatangkan dari Jepang,” ucap Soerjo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Soerjo mengungkapkan mengapa saat ini HiAce memiliki pasar tersendiri di kalangan pengusaha transport. Ia mengungkapkan saat pengembangan pertama kali, pasar yang dituju oleh Toyota adalah pasar transportasi publik yang membutuhkan kendaraan di bawah bus dengan kemampuan 16 penumpang.

Baca juga: Toyota Hiace Baru Berparas Alphard

“Setelah itu berlanjut ke perhotelan. Saat ini kita juga mau ke ambulan dan kebutuhan transportasi di kementerian atau lembaga pemerintahan,” ucap Soerjo.

Kendaraan yang dibanderol mulai Rp 440 juta ini, dalam pembaruannya mengalami pergantian desain. Dari sebelumnya hadir tanpa hidung depan, kini penampakannya mendekati desain saudaranya MPV mewah Alphard.

Lantas apakah perubahan ini akan diterima konsumen Tanah Air? Mengenai perubahan ini Soerjo mengungkapkan, belum mengadakan studi namun ia mengungkapkan tidak semua perubahan dimasukkan ke Indonesia.

“Kalau dibandingkan dengan pasar luar, Indonesia punya karakter sendiri. Misal HiAce Thailand di bawa ke sini apakah bisa diterima. Atau beberapa waktu lalu, ada Avanza model berbeda di Malaysia, tidak bisa juga di sini mengikuti,” ucap Soerjo.

HiAce saat ini ditawarkan dalam tiga varian yakni STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury. Ketiganya dibanderol Rp 440,150 juta, Rp 475,250 juta dan Rp 678,050 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com