Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2019, 13:30 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rio Haryanto menjadi pebalap Indonesia yang menorehkan prestasi dapat berlaga di ajang Formula1. Pebalap asal Solo ini berharap jejaknya dapat diikuti bahkan dilampaui oleh pebalap-pebalap muda di Indonesia di masa mendatang.

Rio memaparkan tiga kunci untuk dapat menjadi pebalap berprestasi. Menurutnya tiga hal ini adalah yang terpenting untuk dimiliki setiap pebalap dalam jenis balapan apapun.

“Untuk bisa sukses, ada tiga faktor. Pertama ambisi, kedua kerja keras dan ketiga sikap,” ucap Rio saat ditemui Jumat (22/3/2019).

Ambisi menurut Rio, adalah seseorang memiliki tujuan untuk dicapai. Target tersebut menjadi pemicu untuk si pebalap dapat meraih apa yang diinginkan bahkan melampaui apa yang dicita-citakan.

Baca juga: Spesifikasi Ferrari Rio Haryanto untuk Balap GT

Kedua adalah kerja keras. Rio berharap kerja keras tidak hanya saat di lintasan tapi juga di luar lintasan. Persiapan dilakukan dengan berlatih keras dan disiplin terhada diri sendiri.

Terakhir adalah sikap atau perilaku. Rio menganggap ini penting karena di dunia balap, pebalap tidak hanya soal dirinya tapi juga kerja sama tim. Dalam ajang balap perlu berkoordinasi, bisa berkomunikasi dan menaruh hormat pada anggota tim.

“Ketiganya ini menurut saya kunci sukses. Tidak hanya di balapan tapi di semua bidang lain,” ucap Rio.

Rio saat ini menatap untuk berprestasi di ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019 dan Asian Le Mans Series 2019/2020. Target Rio cukup ambisius yakni menjadi juara umum dan mengamankan tempat untuk berlaga di ajang Le Mans 24h.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com