Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai LED, Perawatan Xenia Baru Jadi Mahal?

Kompas.com - 20/02/2019, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu menyodorkan Xenia baru dengan ubahan yang cukup signifikan pada tampilan depan. Mulai dari grill, bumper baru, sampai model headlamp bertumpuk yang sudah dilengkapi pencahayaan dari light emitting diode alias LED.

Meski membuat MPV sejuta umat tersebut makin terlihat mewah dan berkelas, namun ada anggapan bahwa dengan menggunaan lampu LED maka biaya perawatan akan makin membengkak.

Persepsi itu pun langsung ditepis Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi. Menurut Bambang, justru banyak orang ingin mengganti LED karena lebih awet.

Baca juga: Pakai LED, Amankah Xenia Baru Melintas Saat Hujan?

"Sebenarnya LED atau halogen punya lifetime yang cukup panjang. Memang ada istilahnya yang rusak, tapi itu jarang sekali. Jadi sebenarnya tidak ada patokan pasti untuk LED dari usia pakai, bisa bertahun-tahun," kata Bambang beberapa waktu lalu di Sibolga.

Bambang menjelaskan bila dari pengalamanya, dia pernah menggunakan lampu LED hingga enam tahun. Selama kurun waktu itu, tidak ada perawatan khusus yang diperlukan, artinya dari segi biaya otomatis akan membuat lebih irit.

Saat ditanya apakah usia pakai LED jauh lebih panjang dari halogen, Bambang menjelaskan bila hal itu tidak bisa dibedakan secara pasti. Namun dari sisi penggunaan LED memang lebih efisien dalam pemakaian daya listriknya.

Desain lampu utama Avanza-Xenia terinspirasi dari Toyota Vellfire Desain lampu utama Avanza-Xenia terinspirasi dari Toyota Vellfire
"Dua-duanya itu lifetime, kecuali sama pengguna pernah lepas dan ganti lampu aftermarket. Ibaratnya tidak orginal seperti yang sudah dari pabrikan, kita tidak bisa jamin sampai kapan. Untuk perawatan tidak ada, paling hanya perhatikan kondisi mika saja jangan sampai kotor, karena kalau kotor bisa sinar terhalang dan dampaknya mika akan panas," ucap Bambang.

Baca juga: Sensasi Daihatsu Xenia Bertenaga Terios

Soal harga beli, Bambang tak menampik bila memang LED lebih mahal dari halogen. Hal tersebut karena faktor LED tidak bisa dibeli secarah terpisah, tapi harus sekaligus satu set.

"Hologen itu sekitar Rp 120.000-an untuk Xenia, kalau LED karena per titik dan tidak bisa pretelan itu memang lebih mahal. Satu sisinya itu sekitar Rp 2 juta, jadi kalau kiri-kanan sekitar Rp 4 jutaan," kata Bambang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com