Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai LED, Amankah Xenia Baru Melintas Saat Hujan?

Kompas.com - 18/02/2019, 09:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tampilan yang makin segar, Daihatsu ikut membenamkan lampu light emitting diode (LED) pada Xenia baru. Dengan cahaya putih, Xenia terlihat lebih modern, bahkan pancaran sinar yang dikeluarkan diklaim mampu memberikan visibilitas yang lebih baik saat berkendara malam hari.

Meski terlihat mewah, namun sinar putih pada LED memiliki kelemahan, yakni tak bisa memberikan pencahayaan optimal ketika melintas di guyuran hujan lebat atau saat sedang berkabut. Berbeda dengan penggunaan lampu konvensional yang berwarna kuning.

Kondisi ini pun diakui oleh Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi. Menurut Bambang, secara kualitas memang penggunaan LED ketika hujan atau berkabut memang kurang, tapi dalam kasus di Xenia hal itu bisa diatasi dengan fog lamp.

Baca juga: Perbedaan Konsumsi BBM Xenia 1.3L dan 1.5L

"Kalau LED saat hujan dan berkabut konteksnya lebih ke masalah visibilitas jarak pandang, tidak sampai berbahaya sih. Misal kalau pakai lampu kuning itu bisa 200-300 meter, sedangkan LED setengahnya. Tapi untuk Xenia kita bisa dibantu dengan menyalakan fog lamp karena warnanya itu kan kuning," kata Bambang kepada media di Sibolga, beberapa waktu lalu.

Bambang menjelaskan bila pada dasarnya lampu putih atau kuning memiliki memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, tergantung bagaimana kondisinya. Dalam situasi terang, penggunaan LED akan jauh lebih baik karena mampu menghasilkan cahaya lebih terang dibandingkan kuning.

Daihatsu Xenia 2019 Daihatsu Xenia 2019

Sedangkan lampu berwarna kuning, sudah tentu akan lebih baik untuk menembus saat kondisi hujan atau berkabut. Karena itu, Daihatsu mengimbangi pencahayaan LED pada Xenia baru dengan lampu kabut berwarna kuning.

Baca juga: Menakar Beda Biaya Perawatan Xenia 1.3L dan 1.5L

"Jadi tidak ada masalah saat cuaca berkabut atau hujan deras lampu utama menggunakan LED dengan dikombinasikan fog lamp kuning yang ikut dinyalakan," ucap Bambang.

Tidak hanya itu, lumen atau tingkat kekuatan cahaya pada LED yang digunakan Xenia baru, menurut Bambang juga sudah disesuaikan standar. Sehingga meski mampu memberikan penerangan lebih baik, tapi tetap bersahabat atau tidak menyilaukan pengguna kendaraan lain terutama yang berlawanan arah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com