Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Nissan Indonesia soal Informasi Mau Jadi Importir

Kompas.com - 08/01/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi yang beredar belakangan ini, yaitu tentang masa depan bisnis PT Nissan Motor Indonesia (NMI) di pasar otomotif nasional. Merek asal Jepang itu dikabarkan akan mengubah status dari perakit kendaraan menjadi importir.

Praktis, pabrik I Nissan di Purwakarta nantinya akan memproduksi mesin Xpander dengan kuota 160.000 unit per tahun. Sementara model yang sebelumnya dirakit di tempat itu statusnya beralih menjadi impor utuh alias completely built-up (CBU).

Pabrik II NMI yang berlokasi di tempat sama, hanya akan merakit Datsun. Artinya, semua produk bermerek Nissan nantinya akan mengandalkan pasokan impor semata, tidak lagi berstatus completely knocked down (CKD) seperti sebelumnya.

Ketika dikonfirmasi, menurut Head of Communication NMI Hana Maharani, sejauh ini tidak ada informasi lain tentang itu. Lagi pula, NMI menegaskan, tidak akan memberikan komentar untuk rumors.

Baca juga: Teknisi Nissan Indonesia Unjuk Kebolehan di Level Dunia

"Jadi tetap memproduksi mobil di Indonesia," cuap Hana kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Senin (7/1/2019) sore.

Belum lama ini, NMI juga mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai - Kantor Pelayanan Utama Tipe A Tanjung Priok, sebagai "Mitra Utama Kepabeanan of The Year 2018".

Nissan All-New X-Trail tetap akan diproduksi di pabrik Nissan Motor Indonesia di Cikampek, Jawa Barat.Donny Apriliananda Nissan All-New X-Trail tetap akan diproduksi di pabrik Nissan Motor Indonesia di Cikampek, Jawa Barat.

"Ini adalah penghargaan atas kinerja bisnis kami untuk mempertahankan Nissan Indonesia sebagai Importir Mitra Utama Kepabeanan terbaik di Indonesia," ujar Isao Sekiguchi, Presiden Direktur NMI dalam siaran resmi belum lama ini.

Perlu diketahui bahwa sekarang ini model seperti X-Trail, Livina, March, dan Juke masih diproduksi di pabrik Nissan Indonesia, apabila beralih menjadi importir maka semuanya berstatus CBU seperti Terra yang diimpor utuh dari Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com