Reaksi Nissan Indonesia soal Informasi Mau Jadi Importir

Kompas.com - 08/01/2019, 07:02 WIB
Produksi Datsun Go  Panca di pabrik Nissan Purwakarta. Datsun akan sangat agresif di Indonesia. Donny AprilianandaProduksi Datsun Go Panca di pabrik Nissan Purwakarta. Datsun akan sangat agresif di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi yang beredar belakangan ini, yaitu tentang masa depan bisnis PT Nissan Motor Indonesia ( NMI) di pasar otomotif nasional. Merek asal Jepang itu dikabarkan akan mengubah status dari perakit kendaraan menjadi importir.

Praktis, pabrik I Nissan di Purwakarta nantinya akan memproduksi mesin Xpander dengan kuota 160.000 unit per tahun. Sementara model yang sebelumnya dirakit di tempat itu statusnya beralih menjadi impor utuh alias completely built-up (CBU).

Pabrik II NMI yang berlokasi di tempat sama, hanya akan merakit Datsun. Artinya, semua produk bermerek Nissan nantinya akan mengandalkan pasokan impor semata, tidak lagi berstatus completely knocked down (CKD) seperti sebelumnya.

Ketika dikonfirmasi, menurut Head of Communication NMI Hana Maharani, sejauh ini tidak ada informasi lain tentang itu. Lagi pula, NMI menegaskan, tidak akan memberikan komentar untuk rumors.

Baca juga: Teknisi Nissan Indonesia Unjuk Kebolehan di Level Dunia

"Jadi tetap memproduksi mobil di Indonesia," cuap Hana kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Senin (7/1/2019) sore.

Belum lama ini, NMI juga mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai - Kantor Pelayanan Utama Tipe A Tanjung Priok, sebagai "Mitra Utama Kepabeanan of The Year 2018".

Nissan All-New X-Trail tetap akan diproduksi di pabrik Nissan Motor Indonesia di Cikampek, Jawa Barat.Donny Apriliananda Nissan All-New X-Trail tetap akan diproduksi di pabrik Nissan Motor Indonesia di Cikampek, Jawa Barat.

"Ini adalah penghargaan atas kinerja bisnis kami untuk mempertahankan Nissan Indonesia sebagai Importir Mitra Utama Kepabeanan terbaik di Indonesia," ujar Isao Sekiguchi, Presiden Direktur NMI dalam siaran resmi belum lama ini.

Perlu diketahui bahwa sekarang ini model seperti X-Trail, Livina, March, dan Juke masih diproduksi di pabrik Nissan Indonesia, apabila beralih menjadi importir maka semuanya berstatus CBU seperti Terra yang diimpor utuh dari Thailand.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X