Kompas.com - 27/11/2018, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca di wilayah Jabodetabek dalam beberapa waktu terakhir, lagi sering diguyur air hujan. Akibatnya, menjadi banyak genangan air di ruas jalan, bahkan merendam setengah ban kendaraan.

Seusai menerabas banjir itu, efek yang sering dirasakan oleh pengguna kendaraan, terutama mobil adalah daya cengkram rem jadi berkurang alias kurang pakem.

Nah, jika mengalami hal seperti itu jangan panik. Proses tersebut alami karena kata Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Cabang Yos Sudarso, Jakarta Utara, kampas rem menjadi basah karena terkena air.

"Lama kelamaan juga akan kembali normal lagi. Coba saja lakukan pengereman sedikit demi sedikit," ujar Suparman kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Empat Kecerobohan Berkendara saat Hujan

Sementara itu, Dadi Hendriadi, GM Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) juga pernah mengatakan hal serupa. Menurut dia, melakukan pengereman sambil mobil melaju itu untuk membuang lapisan air yang ada pada cakram dan tromol.

Dadi melanjutkan, mengembalikan daya cengkram rem setelah melewati banjir tidak perlu lama-lama. Pengemudi hanya cukup menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan dengan kecepatan rendah kurang lebih 10-15 meter.

"Jika daya cengkram rem dirasa sudah baik, maka pengendara boleh melanjutkan perjalanannya dengan kecepatan normal," ujar Dadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.