Jangan Salah Paham Beda "Coating dan Paint Protection Film" - Kompas.com

Jangan Salah Paham Beda "Coating dan Paint Protection Film"

Kompas.com - 09/11/2018, 16:19 WIB
V-Kool PPF V-Kool PPF

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kaca film, PT V-Kool Indo Lestari belum lama ini juga merilis produk terbaru berupa perlindungan bodi mobil, yakni Paint Protection Film (PPF). Melalui produk tersebut, V-Kool sekaligus ingin mengedukasi masyarakat mengenai keunggulan dan perbedaan antara PPF dan coating.

Menurut Lianto Winata, Director of Bussiness Development V-Kool Indonesia, selama ini masih banyak pemahaman yang salah antara PPF dan coating, terutama dikalangan masyarakat umum.

"Banyak yang menggangap coating dan PPF itu hal yang sama, padahal jelas berbeda. Coating itu menggunakan bahan kimia pada bodi, contoh seperti waxing atau nano caramic. Sementara kalau PPF itu kita benar-benar melapisi bodi dengan plastik, makanya dikenal juga dengan istilah laminating," ucap Lianto Winata kepada Kompas.com, Kamis (8/11/2018).

Baca juga: V-Kool Kenalkan Gerai Premium di SCBD

Lanjut, Lianto mengatakan dengan penggunaan zat kimia yang dioleskan ke bodi pada proses coating memungkinkan lapisan cat masih bisa terkikis, sehingga kemungkinan permukaan cat untuk baret masih sangat memungkinkan.Sedangkan untuk laminating PPF sendiri, sifatnya benar-benar membungkus seluruh bagian bodi mobil dengan lapisan film.

Dengan demikian, proses PFF memiliki daya tahan yang lebih lama karena bentuknya fisik berupa lapisan film. Beda dengan waxing atau coating yang menggunakan bahan kimia sehingga mobil dalam jangka waktu tertentu wajib terus mendapat perawatan agar tampilan tetap kinclong.

Poles mobil warna putihdaicare.co.id Poles mobil warna putih

Untuk material PPF V-Kool sendiri menggunakan bahan thermoplastic urethane yang diklaim mampu melindungi cat kendaraan dari goresan benda tajam, krikil, pemudaran warna oleh paparan ultra violet atau akibat jamur hingga abrasi. Daya tahan untuk sekali pakai diklaim bisa sampai 10 tahun.

"Lebih mudah diartikan coating itu bukan paint protection tapi color protection, karena fungsinya menjaga warna mobil tetap cerah. Jadi saat tersengol benda atau ketika mencuci mobil kemungkinan bodi mengalami baret tetap ada, sedangkan laminating PPF ini karena dibungkus dengan film maka bodi terlindungi dari baret halus dan warna mobil juga tetap cerah, makanya PPF itu fungisnya melindungi dan menjaga keorsinilan warna mobil," papar Lianto.



Close Ads X