Inisiatif Menristekdikti, Gesits Sampai Dites Jokowi - Kompas.com

Inisiatif Menristekdikti, Gesits Sampai Dites Jokowi

Kompas.com - 08/11/2018, 18:24 WIB
Presiden Joko Widodo jajal skuter listrik anak bangsa, Gesits yang siap produksi massal, di Istana Kepresidenan, Rabu (7/11/2018)PT Gesits Presiden Joko Widodo jajal skuter listrik anak bangsa, Gesits yang siap produksi massal, di Istana Kepresidenan, Rabu (7/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com – Perjalanan panjang skuter listrik anak bangsa Gesits, akhirnya mengantarkan pada perjumpaannya dengan Presiden RI Joko Widodo, Rabu (7/11/2018). Lebih dari itu, orang nomor satu negeri ini bahkan kepincut setelah menjajalnya di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Janji untuk membeli produk asli Indonesia itu sebanya 100 unit juga kemudian terlontar, saat Gesits sudah resmi di produksi, pada awal tahun 2019 ini.

Berbincang dengan CEO PT Gesits Technologies Indo (GTI) Harun Sjech, dirinya mengungkapkan salah satu makcomblang antara Gesits dan Presiden adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir.

“Bisa sampai ke istana itu inisiatif Menristekdikti. Jadi kami sudah rampungkan risetnya dan kemudian kami mau masuk produksi, dan Menristek berinisiatif untuk lapor kepada Presiden. Akhinya berkenan menerima, begitu intinya seperti itu,” kata Harun kepada KOMPAS.com, Rabu (7/11/2018).

Baca juga: Ini Perjuangan Skuter Listrik Gesits, Buatan Anak Bangsa

Presiden Joko Widodo menjajal motor listrik Gesits di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018).KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo menjajal motor listrik Gesits di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Harun menambahkan, selain menjajal Gesits, Presiden juga mendengarkan laporan pihak Gesits terkait perjalanan dan perkembangannya. Mulai dari riset yang dilakukan anak bangsa sampai bisa menuju komersialisasi, dan melibatkan beberapa perusahaan BUMN.

“Memang tak begitu sulit prosesnya sampai ke sana, tapi memang perlu waktu, menunggu jadwal Presiden juga dan tidak bisa sewaktu-waktu dia mau,” ujar Harun.

“Terkait dengan grand launching-nya nanti, kami tetap akan mengundang Presiden lagi, dan ikut atau tidaknya tergantung beliau. Meski begitu kami akan ikut jadwal Gesits,” kata Harun, yang berarti tak terpaku dengan jadwal Presiden.



Close Ads X