Kompas.com - 02/11/2018, 14:43 WIB
Layanan perpanjangan SIM A dan C di IMOS 2018 Layanan perpanjangan SIM A dan C di IMOS 2018
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melihat jajaran produk sepeda motor baru, pengunjung juga bisa mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018.

Layanan ini dibuka oleh Satuan Penyelenggara Administasi SIM (Satpas) Polda Metro Jaya selama pameran berlangsung.

"Kita buka mengikuti pameran, dari 31 Oktober sampai 4 November 2018 nanti. Untuk pelayanan hanya perpanjangan SIM A dan C, prosedur dan harga sama dengan di lokasi lain," ucap Brigadir Chandra Saputra dari Seksi SIM Satpas Polda Metro jaya kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2018).

Menurut Chandra, untuk layanan perpanjangan SIM, bisa dilakukan bagi pengunjung yang masa aktif SIM A dan C habis sampai Desember 2018 ini. Sementara untuk syarat, pengunjung cukup membawa SIM lama dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.

Baca juga: Yamaha MT-15 Batal Melantai di IMOS 2018

Proses perpanjangan pun berjalan sama dengan layanan SIM di lokasi lain. Pengunjung melakukan registrasi, dan nanti ada petugas yang verifikasi data serta mengecek kesehatan.

Layanan perpanjangan SIM A dan C di IMOS 2018 Layanan perpanjangan SIM A dan C di IMOS 2018
"Selain itu pemohon nanti tinggal melakukan foto dan tanda tangan lalu akan kita cetak SIM barunya. Kurang lebih secara proses bila sepi hanya memakan waktu 5-10 menit, kami buka di sini dari pukul 10.00 WIB - 20.00 WIB," kata Chandra.

Sementara untuk harga, perpanjangan SIM A dikenakan biaya Rp 80.000 sedangkan SIM C Rp 75.000. Proses pembayaran dilakukan melalui transfer atau debit bank BRI, namun bila ada gangguan, maka menggunakan transaksi manual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.