Kompas.com - 23/10/2018, 13:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang sering ditemui oleh pengrajin interior mobil, yaitu plafon atau atap bagian kabin turun. Apalagi mobil dengan status completely build-up/CBU alias impor.

Masalah tersebut terjadi biasanya setelah pemakaian di atas 10 tahun. Plafon itu terlihat turun atau tidak seperti biasanya, dan jika seperti itu harus segera diperbaiki, bahkan ada juga yang harus diganti.

Edy, pengamat sekaligus bos Vertue Concept mengatakan, penyebab utama dikarenakan perbedaan iklim antara negara yang memproduksi mobil tersebut dengan di Indonesia.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Interior Mobil yang Diterjang Tsunami

"Kalau di Indonesia kan tropis, panas jadinya, sedangkan di luar iklimnya banyak dan relatif dingin, jadi salah satu penyebabnya plafon menjadi turun," ujar Edy kepada Kompas.com beberapa waktu lalu di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Menurut pengalaman Edy, mobil yang mengalami masalah itu merupakan merek ternama dari produsen asal Jepang, Eropa, hingga Amerika Serikat (AS).

Solusi

Ilustrasi peredam pada atap mobilCartens Ilustrasi peredam pada atap mobil

Edy menyarankan, jika memiliki mobil CBU seperti itu sebaiknya tempat parkir tidak tertutup, seperti di garasi. Ada baiknya diberikan ruang, agar ada sirkulasi udara, seperti di parkir di carport.

"Sebenarnya bukan karena sering diparkir di tempat panas saja, banyak faktor lain. Jadi sebaiknya selalu memperhatikan tempat penyimpanan mobil itu agar plafon bisa lebih awet lagi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.