Delapan Unit Mobil Esemka Sudah Lulus Uji Tipe

Kompas.com - 12/10/2018, 14:17 WIB
SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1 ISTIMEWASUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuatnya kabar mobil nasional Esmeka akhirnya terjawab. Dari salah satu sumber Kompas.com menyatakan sudah ada delapan unit Esemka yang lolos uji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

"Betul sudah ada delapan unit yang lulus uji tipe berdasarakan vehicle type approval (VTA) online, satu unit lagi masih dalam proses," ucap nara sumber Kompas.com saat dikonfirmasi, Jumat (12/10/2018).

Namun dari data yang diberikan, dari delapan unit tersebut tidak semuanya mendapat Sertifikat Uji Tipe (SUT) pada 2018. Ada beberapa mobil yang sudah diluluskan pada tahun 2016 lalu.

Baca juga: Ini Bocoran Spesifikasi Terbaru Mobil Nasional Esemka

Pabrik Esemka di Boyolali dengan papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi.STANLY RAVEL Pabrik Esemka di Boyolali dengan papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi.

"Bima 1.3 (4x2) M/T, Bima 1.8D (4x2) M/T, Niaga 1.0 (4x2) M/T, Digdaya 2.0 (4x2) M/T, Borneo 2.7D (4x2) M/T, itu sudah lulus uji dari bulan Februari dan Maret 2016 lalu," ucapnya.

Baca juga: Blusukan ke Pabrik Esemka di Boyolali

Sementara dari data terbaru  VTA, ada tiga unit lain yang baru lulus uji. Ketiganya terdiri dari dua unit mobil niaga dan satu unit mobil penumpang.

"Model yang sudah VTA ada tiga, Bima 1.0 (4x2) MT jenis mobil barang, Bima 1.3L (4x2) MT tipe mobil barang, dan Garuda 2.0 (4x4) mobil penumpang," ucap sumber tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X