Ini Bocoran Spesifikasi Terbaru Mobil Nasional Esemka

Kompas.com - 09/10/2018, 17:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar mobil nasional Esemka saat ini kembali mencuat, karena pernyataan Calon Wakil Presiden tandem Joko Widodo, Ma'ruf Amin, yang menyebut mobil nasional itu akan meluncur pada Oktober 2018 ini.

Sebelumnya sempat beredar kabar soal wujud SUV Esemka yang bakal menjadi penantang Pajero Sport dan Fortuner. Namun, hingga saat ini kabarnya masih simpang siur, pasalnya pihak Esemka tak ada yang mau buka mulut.

Kemudian, berdasarkan hasil investigasi KOMPAS.com, ada bocoran baru soal spesifikasi salah satu mobil Esemka, dari sumber yang yang mengetahui proyek tersebut. Dari informasi yang diberikan, satu produk tersebut juga sudah lulus uji tipe pada Agustus 2018 kemarin.

Baca juga: Blusukan ke Pabrik Esemka di Boyolali

Model double cabin Esemka Digdaya.Dari akun Facebook Anindya Tejo Martoyo. Model double cabin Esemka Digdaya.

Soal spesifikasi sendiri, sumber menyebutkan modelnya adalah mobil penumpang dan bukan sedan. Namun dirinya tak memberikan keterangan apakah model MPV atau SUV, yang jelas kapasitasnya sampai 7-penumpang (termasuk pengemudi).

Kemudian terkait dengan mesinnya sendiri berukuran 1.850cc, dengan asupan bahan bakar minyak (BBM) berjenis Solar. Artinya mesin yang digunakan adalah diesel.

Sebenarnya, dari pemberitaan KOMPAS.com pada 2016 lalu ketika mewawancarai pihak Kementerian Perhubungan, ada lima model yang Esemka yang sudah lulus diajukan. Namun sejauh ini, belum ada detail informasi soal jenis kendaraan dan ukuran mesinnya.

Baca juga : Semua Mobil Esemka Sudah Lulus Uji Tipe

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.