Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Land Rover Jokowi di KPU dengan di Becakayu

Kompas.com - 22/09/2018, 07:02 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden petahana Joko Widodo dan pasangannya, Ma'ruf Amin terpantau menumpangi mobil lawas merek Land Rover hijau bernopol B 2747 FK saat datang ke Kantor KPU Jakarta, Jumat (21/9/2018). Bertolak dari kawasan Tugu Proklamasi, mereka berdua bersama rombongannya datang ke KPU untuk menghadiri pengambilan nomor urut Pemilihan Presiden 2019.

Land Rover alias Landy bukanlah tipe mobil yang pertama kalinya dinaiki Jokowi. Saat peresmian Tol Becakayu November 2017, ia juga tampak menggunakan salah satu mobil merek kebanggaan Inggris itu.

Namun Landy berwarna biru yang dipakai Jokowi di Becakayu berbeda tipe dengan di KPU. Walaupun sama-sama berjenis pikap.

Baca juga: Datangi KPU RI, Jokowi-Maruf Menumpang Mobil Land Rover

Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.

Dwiko Rayanto, restorer  spesialis Land Rover menyebut, Landy yang dipakai Jokowi ke KPU merupakan tipe Series III Stage One V8 lansiran tahun 1983. Sedangkan saat di Becakayu, Jokowi menumpangi Land Rover Defender tahun 1989.

"Series III V8 ini pendahulunya Defender," kata pemilik bengkel Casablanca Land Rover, Pondok Gede, Jakarta Timur itu  kepada Kompas.com.

Baca juga: Gaya Jokowi dengan Land Rover Lawas Pantau Tol Becakayu

Saat perjalanan ke Kantor KPU, Landy yang Jokowi dan rombongan tumpangi tampak dipasangi lampu hias. Seluruh penumpang, tak terkecuali Jokowi tampak duduk di bak bagian belakang untuk menyapa para pendukungnya.

Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin tiba di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (21/9/2018) malam menggunakan mobil Land Rover Series  tahun 1983.KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin tiba di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (21/9/2018) malam menggunakan mobil Land Rover Series tahun 1983.

Land Rover Stage One V8 merupakan mobil 4x4 bermesin V8 3500 cc yang diproduksi pada periode 1979-1985. Stage One inilah yang menjadi awal mula dari kelanjutan pengembangan tahap dua “Stage Two”, atau lebih familiar dikenal dengan One Ten atau Ninety, cikal bakal dari Defender.

"Masa produksinya yang tergolong singkat ini menjadikannya tipe mobil yang termasuk kategori langka dan diburu oleh kolektor," papar Dwiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com