Lebih Dekat dengan "Defender Jokowi" - Kompas.com

Lebih Dekat dengan "Defender Jokowi"

Alsadad Rudi
Kompas.com - 06/11/2017, 12:04 WIB
Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.


Jakarta, Kompasotomotif - Sport Utility Vehicle (SUV) yang ditumpangi oleh Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Becakayu pada 3 November lalu adalah mobil lawas buatan pabrikan Inggris, Land Rover. Tipenya adalah Defender 110 County yang diproduksi pada tahun 1989.

Sebelum ditumpangi oleh Jokowi, mobil ini tadinya sudah dalam kondisi rusak parah. Sang pemilik, Rusdi dibantu sahabatnya, Iwan Kurniawan kemudian memutuskan untuk memperbaikinya kembali.

Perburuan suku cadang pun dimulai sejak 2016. Restorasi Defender lawas ini memakan waktu sekitar 1,5 tahun. Cukup lama memang disebabkan sulitnya mencari suku cadang asli dari mobil yang usia masa pakainya sudah 28 tahun itu.

Baca juga : Defender Jokowi Ternyata Versi Mesin Bensin

Setelah seluruh suku cadang yang dibutuhkan terkumpul, mobil kemudian direstorasi selama sekitar empat bulan di bengkel custom Casablanca Works di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur. Secara keseluruhan, restorasi Land Rover Defender 110 County ini menghabiskan biaya mencapai sekitar Rp 250 juta.

Jenis ban yang digunakan oleh mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Ban menggunakan merek Super Swamper yang diimpor dari Amerika Serikat.Istimewa/Iwan Kurniawan Jenis ban yang digunakan oleh mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Ban menggunakan merek Super Swamper yang diimpor dari Amerika Serikat.

Ditemui KompasOtomotif pada Minggu (5/11/2017), Iwan menjelaskan secara rinci mengenai komponen yang digunakan. Dimulai dari ban yang disebutnya menggunakan ban merek Super Swamper ukuran 32 yang diimpor langsung dari Amerika Serikat.

Menurut Iwan. ban Super Swamper ini sangat langka di Indonesia. Sebab tidak ada lagi importir ban yang mau menjualnya karena harganya yang relatif mahal, seiring dengan makin melambungnya harga tukar Rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

Mobil Land Rover Defender 110 County diketahui memiliki dua model, satu bermesin bensin dan satu lagi diesel. Mobil dengan sistem penggerak roda 4x4 ini menggunakan mesin yang masih sama dengan produk pendahulunya, Land Rover Series III.

Untuk yang digunakan Jokowi ini diketahui menggunakan mesin bensin dengan kapasitas mesin 2,5 liter. Kapasitas mesin bensin 2.500 cc dengan daya yang dihasilkan mencapai 83 tk pada putaran mesin 4.200 RPM dan torsi puncak 180 Nm pada putaran 2.000 RPM.

Baca juga : Penampakan Defender Jokowi Saat Masih Butut

Mesin dari mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Mesin dari mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.

Mobil ini memiliki tranmisi manual dengan 5 percepatan. Tipe transmisi adalah LT-77 Full Time 4x4 dengan Differential Lock. Iwan menyebut mobil tersebut sudah dilengkapi dengan power steering.

Menurut Iwan, suku cadang yang digunakan banyak menggunakan produk aftermarket dari Land Rover, di antaranya shock absorber dan kaki-kaki dari Terra Firma. Sedangkan cat menggunakan merek Dupont dengan warna biru muda. Iwan menyebut Dupont merupakan cat asli yang digunakan oleh Land Rover

Sementara itu, mesin yang digunakan masih mesin orisinil. Tak ada perubahan berarti kecuali pergantian kabel-kabel.

"Tenaga mobil ini masih cukup untuk bawa beban besar di medan berat. Memang ciri khas Land Rover seperti itu," kata Iwan.

Jenis ban yang digunakan oleh mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Ban menggunakan merek Super Swamper yang diimpor dari Amerika Serikat.Istimewa/Iwan Kurniawan Jenis ban yang digunakan oleh mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Ban menggunakan merek Super Swamper yang diimpor dari Amerika Serikat.

PenulisAlsadad Rudi
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM