Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelemahan Land Rover Defender Lawas

Kompas.com - 06/11/2017, 18:25 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ada salah satu kelemahan Land Rover Defender 110 County yang disadari oleh penggemar mobil tersebut, yakni kopling yang cenderung keras ketika diinjak. Namun, kelemahan tersebut cenderung tidak dipersoalkan oleh mereka.

Hal itulah yang diakui oleh Iwan Kurniawan, pengguna Defender County yang sempat ditumpangi oleh Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Becakayu pada 3 November silam.

Ditemui KompasOtomotif pada Minggu (5/11/2017), Iwan sempat memperlihatkan kerasnya kopling mobilnya itu.

Baca juga : Lebih Dekat dengan Defender Jokowi

"Ini koplingnya keras banget, tapi ciri khas Defender memang seperti itu," ujar dia.

Tiga model edisi spesial Land Rover Defender, disiapkan untuk menutup produksi di 2015.Land Rover/Carscoop Tiga model edisi spesial Land Rover Defender, disiapkan untuk menutup produksi di 2015.

Defender adalah model ikonis dari daratan Inggris. Produksi Defender pertama mulai diproduksi pada 1983 oleh British Leyland, jauh sebelum Jaguar Land Rover yang mulai melakukannya pada 2009.

Jaguar Land Rover sudah memutuskan menghentikan produksi Defender pada Januari 2016 untuk digantikan model baru yang lebih modern.

Dari cerita sesama penggemar Defender, Iwan menyebut "penyakit" kerasnya kopling ini juga dialami para pemilik Defender County lansiran paling akhir.

Baca juga : Defender Jokowi Ternyata Versi Mesin Bensin

"Yang keluaran tahun 2016 juga sama. Cuma yang semua punya Defender orang-orang yang maniak. Mereka enggak peduli," ujar Iwan.

Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017).Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017).

Iwan merupakan sahabat dari si pemilik mobil, Rusdi. Keduanya inilah yang membangun kembali mobil yang tadinya sudah dalam kondisi rusak parah sampai akhirnya terlihat mulus saat ditumpangi oleh Presiden Jokowi.

Untuk pembenahan mobil yang diproduksi tahun 1989 ini, Rusdi dan Iwan berburu suku cadang hingga sekitar 1,5 tahun. Lamanya waktu mencari itu disebabkan cukup sulitnya mencari suku cadang asli dari mobil tersebut.

Setelah seluruh suku cadang yang dibutuhkan terkumpul, mobil kemudian direstorasi selama sekitar empat bulan di bengkel custom Casablanca Works di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com