Salin Artikel

Beda Land Rover Jokowi di KPU dengan di Becakayu

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden petahana Joko Widodo dan pasangannya, Ma'ruf Amin terpantau menumpangi mobil lawas merek Land Rover hijau bernopol B 2747 FK saat datang ke Kantor KPU Jakarta, Jumat (21/9/2018). Bertolak dari kawasan Tugu Proklamasi, mereka berdua bersama rombongannya datang ke KPU untuk menghadiri pengambilan nomor urut Pemilihan Presiden 2019.

Land Rover alias Landy bukanlah tipe mobil yang pertama kalinya dinaiki Jokowi. Saat peresmian Tol Becakayu November 2017, ia juga tampak menggunakan salah satu mobil merek kebanggaan Inggris itu.

Namun Landy berwarna biru yang dipakai Jokowi di Becakayu berbeda tipe dengan di KPU. Walaupun sama-sama berjenis pikap.

Dwiko Rayanto, restorer  spesialis Land Rover menyebut, Landy yang dipakai Jokowi ke KPU merupakan tipe Series III Stage One V8 lansiran tahun 1983. Sedangkan saat di Becakayu, Jokowi menumpangi Land Rover Defender tahun 1989.

"Series III V8 ini pendahulunya Defender," kata pemilik bengkel Casablanca Land Rover, Pondok Gede, Jakarta Timur itu  kepada Kompas.com.

Saat perjalanan ke Kantor KPU, Landy yang Jokowi dan rombongan tumpangi tampak dipasangi lampu hias. Seluruh penumpang, tak terkecuali Jokowi tampak duduk di bak bagian belakang untuk menyapa para pendukungnya.

Land Rover Stage One V8 merupakan mobil 4x4 bermesin V8 3500 cc yang diproduksi pada periode 1979-1985. Stage One inilah yang menjadi awal mula dari kelanjutan pengembangan tahap dua “Stage Two”, atau lebih familiar dikenal dengan One Ten atau Ninety, cikal bakal dari Defender.

"Masa produksinya yang tergolong singkat ini menjadikannya tipe mobil yang termasuk kategori langka dan diburu oleh kolektor," papar Dwiko.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/09/22/070200315/beda-land-rover-jokowi-di-kpu-dengan-di-becakayu

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.