Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Restorasi "Defender Jokowi" Tembus Rp 250 Juta

Kompas.com - 05/11/2017, 15:25 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ada yang menarik pada mobil off-road yang ditumpangi Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Becakayu pada 3 November lalu. Land Rover lawas tersebut dibangun dari berstatus bangkai, hingga mulus kembali, dengan biaya perbaikan ratusan juta rupiah.

Mobil produksi pabrikan asal Inggris, Land Rover, dengan produk Defender 110 County yang diproduksi tahun 1989. Pemiliknya adalah seorang bernama Rusdi.

Sebelum ditumpangi oleh Jokowi, mobil ini tadinya sempat masuk bengkel dan diperbaiki selama sekitar 1,5 tahun di bengkel custom Casablanca Works di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur.

Baca juga : Gaya Jokowi dengan Land Rover Lawas Pantau Tol Becakayu

"Habisnya di Rp 250-an (juta) lah," ujar builder Casablanca Works, Iwan Kurniawan kepada KompasOtomotif, Minggu (5/11/2017).

Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo saat masih belum diperbaiki.  Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.Iwan Kurniawan Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo saat masih belum diperbaiki. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.

Menurut Iwan, suku cadang yang digunakan banyak menggunakan produk after market dari Land Rover, di antaranya shock absorber dan kaki-kaki dari Terra Firma. Sedangkan cat menggunakan merek Dupont. Cat biru muda dipilih karena warna ini merupakan warna asli dari mobil tersebut.

Iwan menyebut seluruh suku cadang didapat di dalam negeri, kecuali ban yang harus diimpor. Ban yang digunakan adalah Super Dumper yang disebut Iwan tak ada dijual di Indonesia. Untuk sektor mesin, Iwan menyebut mesin yang digunakan adalah mesin orisinil.

Baca juga : Spek Off-Road Defender County yang Dipakai Jokowi

"Kalau mesin semua masih aslinya Land Rover, enggak diubah. Kita cuma ganti-ganti kabelnya saja," ucap Iwan.

Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017).Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017).

Land Rover Defender 110 County milik Rusdi merupakan produk peralihan dari Land Rover Series III dengan Defender.

Bila melihat data spesifikasi, mobil ini memiliki sistem gerak roda 4x4, dengan dimensi jarak sumbu roda 2.794 mm, panjang 4.599 mm, serta lebar 1.790 mm. Defender ini menggunakan mesin bensin 2.500 cc dengan daya yang dihasilkan mencapai 83 tk pada putaran mesin 4.200 RPM dan torsi puncak 180 Nm pada putaran 2.000 RPM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com