Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rekor yang Bisa Terpecahkan di MotoGP Aragon

Kompas.com - 21/09/2018, 13:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

ARAGON, KOMPAS.com – Seri Aragon akan menjadi putaran ke-14 dari kalendar 2018 ini, yang selanjutnya menyisakan lima balapan lagi sampai ujung musim. Saat ini posisi puncak klasemen sementara masih ditempati Marc Marquez, diikuti Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi.

Bukan hanya jadi seri yang seru penuh persaingan ketat, buat masing-masing pebalap demi mengejar poin, pada putaran kali ini juga ada beberapa rekor yang bakal masuk dalam catatan baru, tentu dengan skenario tertentu.

Mengutip akun resmi MotoGP.com, Kamis (20/9/2018) setidaknya ada enam catatan atau rekor yang bisa disamakan atau terpecahkan.

Pertama, jika Marc Marquez (Repsol Honda Team) memulai balap dari posisi pole, hal tersebut menjadi pole position ke-50 yang berhasil diraihnya di kelas premier.

Kedua, jika Marc Marquez menang, dirinya akan menyamai rekor kemenangan Mike Hailwood bersama Honda di semua kelas (41 kali).

Marc Marquez menjalani pemanasan jelang lomba balap MotoGP di San Marino, 9 September 2018. AFP/TIZIANA FABI Marc Marquez menjalani pemanasan jelang lomba balap MotoGP di San Marino, 9 September 2018.

Ketiga, jika Andrea Dovizioso (Tim Ducati) ada di podium, pencapaiannya tersebut bakal menyamai jumlah  podium yang diraih Casey Stoner di semua kelas (89 kali).

Keempat, jika Jorge Lorenzo (Tim Ducati) berhasil masuk podium, dia akan menyamai rekor Pedrosa sebagai pebalap dengan podium ketiga terbesar di semua kelas (153 kali). Namun itu tak terjadi jika Pedrosa juga masuk podium.

Kelima, jika Enea Bastianini (Leopard Racing) bisa menyelesaikan balap dan berada di podium, dirinya bakal menyamai rekor Alex Rins dan Romano Fenati, sebagai pebalap dengan podium Moto3 terbanyak (23 kali).

Keenam, Jika Ducati menang, itu akan menjadi yang pertama kalinya buat pabrikan asal Bologna Italia itu, memenangkan empat balapan berturut-turut di balap Grand Prix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com