Motor Trail Jadul Ini Aslinya Yamaha Scorpio

Kompas.com - 19/09/2018, 09:22 WIB
Yamaha Scorpio dengan ubahan bergaya Vintage Trail garapan bengkel Katros Garage. Instagram/katrosgarageYamaha Scorpio dengan ubahan bergaya Vintage Trail garapan bengkel Katros Garage.
Penulis Alsadad Rudi
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Bengkel modifikasi Katros Garage belum lama ini memodifikasi salah satu Yamaha Scorpio lansiran 2011. Proyek mereka kali ini mengambil tema Vintage Trail.

Pemilik bengkel Katros, Andi "Atenx" Akbar, mengatakan, Vintage Trail adalah salah satu aliran modifikasi yang terinspirasi motor trail jadul. Berbeda dengan trail masa kini, Atenx menyebut trail jadul memilik bentuk yang lebih simpel.

"Tidak seperti motor trail zaman sekarang yang bentuk bodinya lancip-lancip," kata Atenx melalui video yang diunggahnya di Youtube, Rabu (12/9/2018).

Pada modifikasi Scorpio Vintage Trail ini, Katros tidak menerapkan bentuk asli trail jadul secara keseluruhan. Sebab bagaimanapun juga, motor custom dinilai perlu memiliki ciri khas yang membuatnya terlihat berbeda.

Baca juga: Gaya Japstyle untuk yang Bosan dengan Scorpio Standar

Yamaha Scorpio dengan ubahan bergaya Vintage Trail garapan bengkel Katros Garage.Instagram/katrosgarage Yamaha Scorpio dengan ubahan bergaya Vintage Trail garapan bengkel Katros Garage.

Atenx menjelaskan rincian ubahannya dimulai dari dipotongnya rangka bagian belakang Scorpio. Rangka yang tadinya naik ke atas diubah menjadi lebih mendatar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya pada sektor kaki-kaki. Katros mengganti pelek standar ukuran ring 18 inci di depan dan belakang, menjadi pelek jari-jari ukuran 19 inci di depan dan 18 inci di belakang.

Pelek kemudian dibungkus dengan ban Shinko tipe trail ukuran 3.50-19 di depan, dan 4.00-18 di belakang. Selain pelek, suspensi depan asli juga diganti dengan milik Yamaha Byson yang ukurannya lebih besar.

Sementara itu, suspensi belakang yang menggunakan model monoshock diganti dengan model double shock. Jenis shockbreaker yang dipakai menggunakan model tabung.

Baca juga: Panduan Modifikasi Scorpio Bergaya Scrambler

Yamaha Scorpio dengan ubahan bergaya Vintage Trail garapan bengkel Katros Garage.Instagram/katrosgarage Yamaha Scorpio dengan ubahan bergaya Vintage Trail garapan bengkel Katros Garage.

Untuk bagian tangki, spatbor depan dan belakang, sampai bodi samping diketahui menggunakan part custom berbahan pelat galvanis. Pembuatannya langsung dikerjakan di bengkel Katros. Khusus tangki, Atenx menyebut model yang dibuat mencontoh bentuk asli salah satu trail yang eksis di masa lalu, Suzuki TS100.

"Model tangki Suzuki TS100 masih OK dipakai di motor custom. Berbeda dengan tangki motor trail jadul lainnya yang terlalu trail dan offroad," ujar Atenx.

Baca juga: Scorpio Board Tracker Sabet Gelar Kustom Terbaik ala Tangerang

Pada proses akhir, Scorpio Vintage Trail ini kemudian dicat dengan warna merah kombinasi hitam dan putih. Lampu-lampu asli dicopot dan diganti dengan produk aftermarket

Untuk jok menggunakan bahan kulit sintetis. Sedangkan knalpot merupakan produk buatan bengkel Katros sendiri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.