Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Trail Jadul Ini Aslinya Yamaha Scorpio

TANGERANG, KOMPAS.com - Bengkel modifikasi Katros Garage belum lama ini memodifikasi salah satu Yamaha Scorpio lansiran 2011. Proyek mereka kali ini mengambil tema Vintage Trail.

Pemilik bengkel Katros, Andi "Atenx" Akbar, mengatakan, Vintage Trail adalah salah satu aliran modifikasi yang terinspirasi motor trail jadul. Berbeda dengan trail masa kini, Atenx menyebut trail jadul memilik bentuk yang lebih simpel.

"Tidak seperti motor trail zaman sekarang yang bentuk bodinya lancip-lancip," kata Atenx melalui video yang diunggahnya di Youtube, Rabu (12/9/2018).

Pada modifikasi Scorpio Vintage Trail ini, Katros tidak menerapkan bentuk asli trail jadul secara keseluruhan. Sebab bagaimanapun juga, motor custom dinilai perlu memiliki ciri khas yang membuatnya terlihat berbeda.

Atenx menjelaskan rincian ubahannya dimulai dari dipotongnya rangka bagian belakang Scorpio. Rangka yang tadinya naik ke atas diubah menjadi lebih mendatar.

Selanjutnya pada sektor kaki-kaki. Katros mengganti pelek standar ukuran ring 18 inci di depan dan belakang, menjadi pelek jari-jari ukuran 19 inci di depan dan 18 inci di belakang.

Pelek kemudian dibungkus dengan ban Shinko tipe trail ukuran 3.50-19 di depan, dan 4.00-18 di belakang. Selain pelek, suspensi depan asli juga diganti dengan milik Yamaha Byson yang ukurannya lebih besar.

Sementara itu, suspensi belakang yang menggunakan model monoshock diganti dengan model double shock. Jenis shockbreaker yang dipakai menggunakan model tabung.

Untuk bagian tangki, spatbor depan dan belakang, sampai bodi samping diketahui menggunakan part custom berbahan pelat galvanis. Pembuatannya langsung dikerjakan di bengkel Katros. Khusus tangki, Atenx menyebut model yang dibuat mencontoh bentuk asli salah satu trail yang eksis di masa lalu, Suzuki TS100.

"Model tangki Suzuki TS100 masih OK dipakai di motor custom. Berbeda dengan tangki motor trail jadul lainnya yang terlalu trail dan offroad," ujar Atenx.

Pada proses akhir, Scorpio Vintage Trail ini kemudian dicat dengan warna merah kombinasi hitam dan putih. Lampu-lampu asli dicopot dan diganti dengan produk aftermarket. 

Untuk jok menggunakan bahan kulit sintetis. Sedangkan knalpot merupakan produk buatan bengkel Katros sendiri. 

https://otomotif.kompas.com/read/2018/09/19/092200515/motor-trail-jadul-ini-aslinya-yamaha-scorpio

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke