Motor BMW Ini Bisa Jalan Sendiri (Video) - Kompas.com

Motor BMW Ini Bisa Jalan Sendiri (Video)

Kompas.com - 12/09/2018, 14:02 WIB
BMW Motorrad buat R1200GS bisa berjalan sendiri tanpa ada pengendaranya.BMW MOTORRAD BMW Motorrad buat R1200GS bisa berjalan sendiri tanpa ada pengendaranya.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan roda dua saat ini juga sudah bisa mengaplikasikan otonomos atau self-riding, di mana sebelumnya teknologi ini kita lihat disematkan pada mobil saja. Setelah sebelumnya Honda pamerkan motornya yang bisa berdiri sendiri "Honda Riding Assist", kini giliran BMW Motorrad.

Mereka membuat salah satu motor terlarisnya R1200GS bisa mengendarai dirinya sendiri, sangat mengesankan. Industri otomotif roda dua sudah masuk ke level baru saat ini.

Lewat video yang dirilis akun youtube resmi BMW Motorrad, tampak kalau motor adventure mereka tersebut lepas landas, menikung dan bahkan membuka standar samping sendiri saat berhenti, sungguh menarik.

Baca juga: BMW Motorrad G 310 Lebih Beraura Balap

 

Alasan pengembangannya sendiri, terkait keselamatan dan meningkatkan pemahaman tentang dinamika sepeda motor. Lebih dari itu, teknologi ini diharapkan mampu mengklasifikasikan perilaku pengendara motor.

Bukan tidak mungkin, di masa depan motor BMW bisa mendeteksi situasi berbahaya, bahkan sebelum pengendaranya sendiri tahu itu.

"Jadi motor bisa menginformasikan, memperingatkan atau campur tangan secara langsung (dalam mengontrol motor),” ujar Stefan Hans, Motorrad Safety Engineer dari Autoblog.com, Rabu (12/9/2018).

Pihak BMW Motorrad menyebut, proyek dua tahun ini dirancang tidak untuk produksi massal. Namun, cukup luar biasa apa yang sudah berhasil dicapai BMW, membuat R1200GS bisa mengendarai dirinya sendiri.

Setidaknya teknologi seperti yang ada di mobil, adaptive cruise control atau lane-keeping assist tak akan lama lagi bisa direalisasikan di motor.


Komentar
Close Ads X