Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara BMW Motorrad Pangkas Harga Jual di Indonesia

Kompas.com - 04/05/2018, 10:41 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - BMW Motorrad merupakan salah satu produsen sepeda motor asal Eropa. Dari 18 produk roda dua yang dijual BMW di Indonesia, 16 di antaranya dibanderol di atas Rp 500 juta.

Baca juga : Motor BMW Paling Laris Selama IIMS, Harganya Rp 130 Juta

Tercatat hanya ada dua yang harganya masih di angka seratusan juta, yakni G 310 R dengan Rp 114 juta, dan G 310 GS dengan Rp 130 juta. Ada selisih harga yang lumayan jauh dari dua motor tersebut dengan 15 produk lainnya.

Branch Manager Maxindo Moto selaku distributor BMW Motorrad di Indonesia, Muhammad Iqbal mengatakan, G 310 R dan G 310 GS adalah dua produk BMW Motorrad yang tidak lagi diproduksi di Jerman, melainkan di India.

BMW Motorrad Indonesia meluncurkan model terbaru, G 310 GS, di Tangerang, Sabtu (20/1/2018).Febri Ardani/KompasOtomotif BMW Motorrad Indonesia meluncurkan model terbaru, G 310 GS, di Tangerang, Sabtu (20/1/2018).

"Karena India jaraknya sudah relatif dekat dari Indonesia, harganya bisa lebih murah," kata Iqbal saat ditemui Kompas.com saat penyelenggaraan IIMS 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Menurut Iqbal, selain BMW, mulai banyak produsen otomotif asal Eropa yang memilih India sebagai basis produksi. Tujuannya menghemat produksi demi memangkas harga jual di Asia, tak terkecuali di Indonesia.

Baca juga : Harga Fantastis Motor BMW yang Dijual di Indonesia

"Kalau masih didatangkan dari Jerman harganya mahal. Karena biaya pengiriman. Belum lagi pajak dan lain-lain," ujar Iqbal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com