Terganggu dengan Parkir Liar di Jaktim, Laporkan via Aplikasi Ini

Kompas.com - 07/09/2018, 15:40 WIB
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Timur, kini memiliki layanan berbasis aplikasi untuk menindak maraknya peredaran parkir liar yang kerap terjadi di wilayah kerjanya. Inovasi tersebut dinamakan Sistem Informasi Pelaporan Parkir Liar Berbasis Aplikasi (Siparlibasi).

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudinhub Jakarta Timur Slamet Dahlan, menjelaskan, aplikasi ini akan makin memudahkan dan mempercepat warga untuk melaporkan adanya aktivitas parkir liar.

"Ini murni inovasi dari Sudinhub Timur, jadi kita mengajak masyarakat untuk berpartisipasi melaporkan adanya parkir liar, terutama di kawasan-kawasan percontohan tertib lalu lintas. Saat ini statusnya masih dalam sosialisasi, dan daerahnya untuk awal kita terapkan di sepanjang Gunung Antang sampai Stasiun Jatinegara," ujar Dahlan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/9/2018).

Baca juga: Marak Pembobol Kaca Mobil, Perhatikan Ini kala Parkir

Menurut Dahlah, keberadaan aplikasi ini juga sekaligus memutus rantai birokrasi pelaporan parkir liar yang cukup panjang. Bila biasanya warga yang resah harus melapor lebih dulu ke kelurahan lalu dilanjuti ke tingkat kecamatan, saat ini cukup langsung melapor melalui aplikasi Siparlibasi.

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur meluncurkan sebuah aplikasi parkir berbasis aplikasi bernama Siparlibasi (Sistem Informasi/pelaporan Parkir Liar berbasis Aplikasi) pada Jumat (7/9/2018) di Pusat Kebudayaan Betawi (Gedung Eks Kodim), Jakarta Timur.KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur meluncurkan sebuah aplikasi parkir berbasis aplikasi bernama Siparlibasi (Sistem Informasi/pelaporan Parkir Liar berbasis Aplikasi) pada Jumat (7/9/2018) di Pusat Kebudayaan Betawi (Gedung Eks Kodim), Jakarta Timur.

Untuk mendapatkan aplikasi Siparlibasi, masyarakat cukup mengunduhnya dari google playstore pada smartphone yang berbasis android. Setelah itu tinggal mengikuti sedikit langkah registrasinya.

"Kita coba memotong sistem pelaporan yang terlalu banyak birokrasi, jadi dengan mudah masyarakat bisa langsung melapor dari aplikasi yang akan langsung direspon petugas kami. Harapannya ke depan inovasi ini bisa diterapkan oleh Pemprov untuk seluruh DKI, karena kita tahu parkir liar ini sudah banyak meresahkan, apalagi hingga memakan badan jalan," ujar Dahlan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.