Rossi Beberkan Kunci Raih Podium di GP Ceko - Kompas.com

Rossi Beberkan Kunci Raih Podium di GP Ceko

Kompas.com - 05/08/2018, 11:22 WIB
Rossi di GP Ceko 2018Crash.net Rossi di GP Ceko 2018

BRNO, KOMPAS.com — Pebalap Yamaha Valentino Rossi berhasil start di posisi kedua di GP Ceko setelah hasil kualfikasi pada Sabtu (4/8/2018). Pebalap Italia tersebut akan memperpanjang kesempatannya bertarung di klasmen kejuaraan MotoGP tahun ini melawan Marc Marquez dari tim Repsol Honda.

Rossi sendiri mengungkapkan kunci dari GP Ceko untuk dapat meraih podium adalah manajemen ban guna mengatasi kondisi cuaca akibat musim panas. Rossi sempat kesulitan untuk mencatatkan waktu terbaik di sesi latihan bebas.

"Itu hari yang cukup sulit. Kondisinya adalah ban sudah mencapai batas dengan temperatur aspal 50 derajat. Sangat sulit untuk mengatur ban termasuk mengendarai motor dengan maksimal. Permukaan sirkuit juga banyak benjolan, lebih parah dibandingkan musim lalu," ucap Rossi seperti dikutip Crash.net Sabtu (4/8/2018).

Rossi mengungkapkan, balapan kali ini tidak akan mudah. Dirinya mengaku tidak mendapatkan feel dalam berkendara terutama dengan ban depan. Juara dunia sembilan kali tersebut mengungkapkan masih perlu banyak perubahan settingan terutama dengan degradasi ban belakang yang sangat cepat.

Baca juga: Hasil Kualifikasi GP Ceko, Dovizioso, Rossi dan Marquez Start Terdepan

Rossi membandingkan masalah yang di hadapinya dengan pebalap lain, yakni masing-masing pebalap menjalankan strategi berbeda. Ia mengungkapkan akan mencoba beberapa opsi agar dapat mengerti bagaimana ban tersebut dapat membantunya mencapai catatan waktu maksimal.

"Saya rasa semua pebalap mengalami masalah yang sama (degradasi ban). Namun, untuk mendapatkan podium kuncinya ada pada bagaimana tidak menghabiskan ban sedini mungkin. Ban belakang paling cepat habis  sehingga menggurangi performa dan membuat kehilangan waktu," ucap Rossi.

Rossi memiliki pendekatan berbeda untuk tungganggannya, Yamaha M1. Ia masih mencari setting mekanik dan mencoba beberapa penyesuaian seperti distribusi bobot dan suspensi. Tidak lupa dengan masalah elektronik terutama untuk menjaga motor mampu menjaga putaran tenaga mesin agar tidak terlalu berlebihan.

"Jika ban berputar berlebihan akan membuat kemampuannya cepat turun di temperatur panas seperti saat ini. Jadi kami punya dua pekerjaan dengan memilih ban yang tepat," ucap Rossi.


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X