Teka-teki Hilangnya Pintu Kaca pada Honda Brio Baru - Kompas.com

Teka-teki Hilangnya Pintu Kaca pada Honda Brio Baru

Kompas.com - 04/08/2018, 08:22 WIB
Brio baru tinggalkan desain pintu kaca pada bagian belakangSTANLY RAVEL Brio baru tinggalkan desain pintu kaca pada bagian belakang


Tangerang, KOMPAS.com - Tampilan Honda Brio generasi baru kini makin mewah. Ubahan yang disajikan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada city car bermesin 1.200 cc ini, membuat auranya tak lagi terlihat hanya sporty, namun juga modern.

Sayangnya, tidak semua pecinta Brio menerima rombakan yang dilakukan untuk mendewasakan Brio. Sebagian ada yang mengeluhkan hilangnya ciri khas utama yang dimiliki city car buatan lokal ini, yakni pintu kaca pada bagian belakangnya.

Menjawab hal ini, Honda R&D Asia Pasific Co. Ltd. Development Leader Tsutomu Harano, mengatakan, ubahan pada bagian belakang justru dilakukan karena permintaan dari masyarakat setelah melakukan survei dibeberapa kota besar di Indonesia.

Baca juga: Usia Brio Lawas Berakhir di Oktober

"Memang untuk ini kami mencoba men-develop dari permintaan orang yang khawatir duduk di baris kedua atau belakang Brio. Jadi dari survei yang kita lakukan sebagian besar konsumen khawatir akan safety," ucap Harano dalam sesi wawancara khusus bersama beberapa media di Tangerang, Jumat (3/8/2018).

All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018

Tidak hanya itu, Harano juga mengatakan dari hasil survei yang dilakukan, ternyata banyak konsumen beranggapan model pintu kaca pada Brio membentuk persepsi bahwa sektor belakang Brio terkesan sempit.

"Ada konsumen yang mengecek model kita, dia tidak suka bagian belakangnya (Brio). Menurut konsumen memberikan image sempit, jadi selama pikiran itu ada di konsumen akan sulit untuk diterima pasar," kata Harano.

Baca juga: GALERI: Simak Deretan Mobil Baru di GIIAS 2018

Walau mengalami perubahan signifikan pada sektor belakang dan menghilangkan ciri utama dari Brio selama ini, tapi sebagai konsekuensi Honda memberikan kelapangan baru pada Brio. Hal ini dibuktikan dengan ubahan struktur pada jarak sumbu roda yang melar hingga 60 mm.

Tampilan belakang Brio kini seperti hatchbackSTANLY RAVEL Tampilan belakang Brio kini seperti hatchback

Efek dari penambahan panjang wheel base tersebut membuat kenyamanan pada baris kedua pun meningkat, terutama di bagian legroom dan kasitas bagasi yang lebih besar. HPM mengklaim dengan ruang bagasi yang kini lebih luas 90 mm dari model lawas, membuat Brio mampu menampung kereta bayi dan barang bawan lainnya dengan mudah.

"Desian belakang Brio yang kami buat menjadi hatchback seperti itu memberikan dampak signifikan pada kelapangan penumpang di baris kedua. Hal ini membuat Brio akan menjadi city car dengan dimensi kompak yang mampu menawarkan kenyamanan lebih bagi konsumen," ucap Harano.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X