Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Berkendara Harus Fokus dan Waspada

Kompas.com - 28/07/2018, 11:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa kecelakaan yang menewaskan balita siswi taman kanan-kanak di Sidoarjo, Jawa Timur, bisa menjadi pelajaran berharga. Terutama bagi pengemudi mobil atau pengendara sepeda motor, agar selalu menanamkan rasa waspada dan fokus ketika di jalan raya.

Jika tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas dan lain sebagainya.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jarak Aman mengatakan bahwa prinsip berkendara rendah risiko itu aspek utamannya adalah senantiasa fokus dan selalu waspada.

"Terkait area tak terlihat selaku pengendara harus senantiasa memanfaatkan kaca spion untuk menyerap informasi di sekitar," kata Edo kepada Kompas.com, Jumat (27/7/2018).

Baca juga: Kampanye Keselamatan Berkendara Masih Sangat Dibutuhkan

Edo melanjutkan, untuk pengendara motor diwajibkan untuk membiasakan menoleh (head check) untuk memastikan kondisi di sekitar jalan, meskipun telah dilengkapi dengan kaca spion.

Selain itu, pengemudi juga wajib memahami area mana saja yang tidak terlihat. "Hal ini penting agar tidak terjadi tabrak sampung, maupun tabrak belakang," ucap Edo.

Mengenai kasus kecelakaan yang menewaskan anak kecil di Sidoarjo itu sudah ditetapkan oleh polisi bahwa kesalahan dari orang tua yang lalai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com