Kompas.com - 05/07/2018, 12:25 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Target konsumen Yamaha X-Ride diperluas, yaitu menyasar segmen anak muda urban yang suka tampil beda. Sehari-hari beraktivitas di perkotaan, tetapi tetap bisa melibas jalur off-road dengan sepeda motornya.

Sejak 2013 meluncur di Indonesia, X-Ride sudah dijuluki sebagai skutik yang bisa menerabas jalur tanah, bahkan menjadi pionir di kelasnya.

Banyak pertanyaan yang muncul, sampai sejauh mana X-Ride mampu melewati jalur off-road? Dyonisius Beti, Executive Vice President & COO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pun mencoba meluruskan arti sebenarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Dyon itu, sudah pasti tidak bisa digunakan di jalan off-road yang berlumpur. Sebab, secara spesifikasi, terutama penggunaan ban sudah berbeda dengan motor spesialis penggaruk tanah.

Baca juga: Yamaha Luncurkan X-Ride 125 Terbaru, Harga Naik

"Jujur bicara bahwa memang tidak tangguh di dalam jalur off-road berlumpuran, karena bannya kecil, kalau menganjurkan masuk ke off-road bisa kejeblos," ujar Dyon menjawab pertanyaan Kompas.com pekan lalu di Jakarta Pusat.

Dyon melanjutkan, Yamaha menyarankan pengguna X-Ride yang ingin mencoba jalur off-road jangan terjun ke kelas berat, sebab bukan habitat aslinya.

"Jadi jalur off-road yang ringan saja, untuk pemula lebih tepatnya lagi. Kalau mau yang tangguh, kita juga masih punya model yang spesialis off road," kata Dyon.

Secara penggunaan ban, memang standar seperti skutik pada umumnya. X-Ride, hanya punya tampilan bergaya ala motor off-road, misal dengan setang model telanjang (naked handle bar).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.