Semua Aturan Ganji-Genap Tidak Berlaku Selama Libur Lebaran

Kompas.com - 11/06/2018, 15:22 WIB
Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan yang melintas saat uji coba sistem ganjil genap di Pintu Tol Kunciran 2, Tangerang, Banten, Senin (16/4/2018). Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menargetkan, kebijakan sistem ganjil-genap di tol Tangerang-Jakarta bisa mengurangi kepadatan menuju Jakarta hingga 50 persen. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELPetugas kepolisian mengarahkan kendaraan yang melintas saat uji coba sistem ganjil genap di Pintu Tol Kunciran 2, Tangerang, Banten, Senin (16/4/2018). Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menargetkan, kebijakan sistem ganjil-genap di tol Tangerang-Jakarta bisa mengurangi kepadatan menuju Jakarta hingga 50 persen.
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Peraturan pembatasan kendaraan bermotor dengan pelat nomor ganjil-genap tidak akan berlaku selama masa cuti bersama atau libur Lebaran 2018. Bukan hanya di DKI Jakarta, tetapi juga untuk semua wilayah seperti Bekasi, Cibubur, hingga Tangerang.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai acara pelepasan "Mudik Bareng Honda 2018" di kawasan Sunter, Jakarta Utara, akhir pekan lalu.

Hal ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 36 Tahun 2018 yang menyatakan kebijakan tidak berlaku selama hari libur nasional.

"Jadi semua kebijakan ganjil-genap tidak berlaku ketika masa libur Lebaran, untuk di semua tempat," ujar Budi kepada awak media.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen (Pol) Halim Pagarra juga mengatakan hal seperti itu. Sesuai dengan peraturan apabila libur nasional atau kondisi tertentu, aturan ganjil-genap bisa dinonaktifkan untuk sementara.

Baca juga: Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta Belum Bersifat Permanen

"Jadi selama masa cuti Lebaran ini tidak ada peraturan soal ganjil-genap dulu," kata Halim di tempat sama.

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto juga mengatakan bahwa ganjil-genap, khususnya wilayah DKI Jakarta, tidak diberlakukan mulai 11 hingga 20 Juni 2018, tetapi setelah itu normal kembali.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X