Kompas.com - 07/06/2018, 03:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik menjadi kegiatan tahunan yang dilakukan pemilik kendaraan. Khusus para pengguna kendaraan roda empat, perlu persiapan khusus sebelum membawa kendaraan pulang ke kampung halaman.

Retail Division Head Astra Otoparts-Shop&Drive Indra Nugraha mengungkapkan pemeriksaa kondisi kendaraan sangat penting dilakukan sebelum mudik.

"Pemeriksaan ini tidak bisa diabaikan atau dianggap sepele. Terdapat beberapa bagian dalam mobil yang penting untuk diperhatikan dan diperiksa terlebih dahulu sebelum berjalan jauh," ucap Indra dalam keterangannya, Rabu (6/6/2018).

Berdasarkan standar pemeriksaan Shop&Drive, terdapat 11 poin pemeriksaan yang dapat membantu dan memudahkan pemudik untuk memeriksakan kendaraannya.

1. Periksa oli mesin transmisi dan gardan
Pemeriksaan ini penting karena fungsi oli mengurangi gesekan antar komponen. Cek jika volume oli berkurang agar segera dilakukan penambahan.

Baca juga: Skenario Atasi Kepadatan Arus Mudik di Tol Cikampek

2. Periksa kelistrikan dan air aki

Pemeriksaan dilakukan dengan melihat apakah ada kebocoran arus yang membuat aki tidak bisa menyimpan tenaga listrik dalam waktu lama.  Air aki yang kurang juga dapat merusak komponen lain di kendaraan.

3. Membersihkan filter udara

Langkah ini dilakukan untuk mencegah tarikan mesin kurang, bahan bakar yang boros, suara mesin kasar dan mesin yang ngadat.

4. Periksa tekanan angin pada ban

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.