Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Tiga Sebab Kemacetan Tol Cikampek Musim Mudik Nanti

Kompas.com - 06/06/2018, 11:45 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim mudik libur Lebaran, PT Jasa Marga (Persero) Cabang Jakarta-Cikampek menyampaikan kondisi tahun ini akan lebih berat dibanding mudik sebelumnya.

"Tahun ini diperkirakan akan meningkat volume kendaraan yang akan menggunakan tol (Cikampek). Ini akan membuat terjadinya penghambatan laju kendaraan. Saya ungkapkan ada tiga sebab," ucap General Manager PT Jasa Marga (Persero) Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman, saat dihubungi Selasa (5/6/2018).

Sebab pertama adalah penggunaan cara pembayaran 100 persen non tunai atau menggunakan uang elektronik. Raddy mengungkapkan tidak semua pemudik rutin menggunakan tol biasa menggunakan uang elektronik.

"Kita perkirakan masalah di gerbang akan ada. Seperti sulit tapping, saldo kurang atau kartu bermasalah," ucap Raddy.

Baca juga: Mari Sama-sama Cegah Tabrakan Beruntun Saat Mudik

Sebab kedua, saat ini jalur tol dari Jakarta sampai Surabaya sudah terhubung menggunakan tol. Ini akan membuat animo masyarakat berbondong-bondong menggunakan jalan tol.

Sebab ketiga, khusus di ruas tol Cikampek, masih terdapat beberapa proyek pembangunan yang sedang berlangsung. Ruddy mengungkapkan pada hari biasa saja sudah menimbulkan kemacetan terutama adanya penyempitan area di beberapa titik.

"Untuk ini kita akan memberhentikan proyek sementara waktu. Mulai H-10. Kami bersama pihak kepolisian dan pihak terkait akan menerjunkan personel untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan," ucap Ruddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com