Paten Baru untuk Keselamatan Ban Mobil - Kompas.com

Paten Baru untuk Keselamatan Ban Mobil

Kompas.com - 04/06/2018, 07:22 WIB
2018, Ford mulai dijual lagi di dalam negeri melalui RMA Indonesia.lesgrenouilles.net 2018, Ford mulai dijual lagi di dalam negeri melalui RMA Indonesia.

VIRGINIA, KOMPAS.com – Produsen mobil asal Amerika Serikat Ford tercatat mematenkan inovasi baru mereka di Kantor Paten dan Trademark USA  di Virginia. Komponen yang dipatenkan ini terletak di ban depan mobil dan mengembang seperti airbag ketika kecelakaan terjadi.

Nantinya, kerja alat tersebut akan menyerap energi roda depan (ketika tabrakan depan) dan mencegahnya masuk ke kabin dan mendorong pedal-pedal yang diinjak oleh kaki pengemudi.

Perangkat ini tentu tak seperti gelembung udara layaknya airbag, tapi berupa benda padat yang sedikit melengkung, dan dipastikan bisa mendorong roda keluar dan menjauh dari kabin mobil, sehingga tak menyelakai penumpang.

Baca juga: Ford Siapkan Mobil yang Terintegerasi Motor Listrik

Paten baru Ford, airbag untuk ban depan mobil.AUTOGUIDE Paten baru Ford, airbag untuk ban depan mobil.

Paten ini dirancang khusus untuk kendaraan body-on-frame (ladder frame), yang berarti nantinya bisa kita lihat komponen ini dipasangkan pada model pikap Ford seperti F-150 atau Ranger.

Ini menjadi solusi yang cukup kreatif, demi menghindari kondisi berbahaya buat penumpang mobil. Tentu dalam aplikasinya bakal menemukan kerumitan, tetapi itu seharusnya tidak menjadi masalah kalau hasilnya adalah peningkatan peringkat uji tabrakan.

Bukan tidak mungkin, penemuan ini bakal membantu Ford untuk mencapai peringkat uji coba tabrakan depan (front overlap) lebih baik, di mana itu yang secara luas dianggap sebagai jenis kecelakaan paling berbahaya buat penghuni kendaraan.

Paten baru Ford, airbag untuk ban depan mobil.AUTOGUIDE Paten baru Ford, airbag untuk ban depan mobil.



Close Ads X