Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Indonesia Produsen Pertama Sepeda Motor Hybrid

Kompas.com - 27/05/2018, 10:34 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar baru Honda PCX Hybrid sudah mendapat Sertifikat Uji Tipe (SUT) menandakan produksi massalnya sudah bisa dilakukan. Bila itu terjadi, Astra Honda Motor (AHM) mengingatkan masyarakat Indonesia boleh berbangga hati sebab negara ini akan menjadi yang pertama melakukannya.

“Kita boleh bangga hati, bahwa kita yang pertama di dunia,” kata Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM, di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Saat pengenalan versi produksi pertama kali di Indonesia pada April lalu, AHM mengklaim PCX Hybrid merupakan model sepeda motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi hibrida.

Baca juga: Sudah Terima SUT, PCX Hybrid Sah Dijual Indonesia

Sama seperti PCX 150 standar, PCX Hybrid juga menggunakan mesin 149,3 cc namun punya tambahan komponen hibrida yaitu baterai aki (12 V 3 Ah), Power Drive Unit (PDU), ACG starter & motor assist, down regulator, junction unit, dan baterai lithium-ion.

Komponen tambahan pada Honda PCX Hybrid.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Komponen tambahan pada Honda PCX Hybrid.

Loman menjelaskan teknologi hibrida yang ada pada PCX Hybrid lebih berfungsi menambah akselerasi untuk peningkatan performa. Buat penghematan konsumsi bahan bakar dikatakan cuma meningkat sedikit dari PCX 150 standar.

Baca juga: PCX Hybrid Bukan buat Irit, tapi buat Ngebut

Belum ada pernyataan resmi dari AHP kapan pastinya PCX Hybrid akan diproduksi. Namun saat pengenalan AHM pernah menyebut pada semester kedua tahun ini atau berarti paling cepat Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com