Datsun Berharap Pemerintah Jadikan VDC Fitur Wajib

Kompas.com - 03/05/2018, 07:42 WIB

Yogyakarta, KOMPAS.com – Datsun memproyeksi pemerintah Indonesia bakal mengadopsi aturan yang mewajibkan Vehicle Dynamics Control (VDC) sebagai fitur wajib. Kelengkapan ini masuk kategori fitur keselamatan pasif, namun mampu membantu pengemudi lebih mudah mengontrol mobil.

Sebutan VDC sendiri menjadi khasnya Datsun Cross, tapi di beberapa merek lain sebutannya berbeda-beda, mulai dari electronic stability control (ESC), electronic stability program (ESP), dynamic stability control (DSC), atau yang lain.

Melihat tren global, di mana isunya menyelamatkan para pengemudi di jalan, Anton Kristanto, Manager Riset dan Pengembangan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tak memungkiri, kalau Indonesia bisa saja mengadopsi aturan yang mewajibkan fitur tersebut.

“Jika melihat tren regulasi di Indonesia biasanya melihat kondisi sekitar, tapi tentu saja yang paling dilihat di ASEAN. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan akan diadopsi di sini (soal fitur wajib VDC),” ucap Anton, Rabu (2/5/2018).

Baca juga : Mengenal CVT Datsun Cross, Ada Mode Sport

Datsun Cross saat menjelajah jalanan Yogyakarta.ISTIMEWA Datsun Cross saat menjelajah jalanan Yogyakarta.

Malaysia,sudah lebih dulu menelurkan regulasi wajib fitur electronic stability control (ESC), mulai Juni 2018. Negeri Jiran tersebut jadi yang pertama di Asia Tenggara memberlakukan aturan tersebut.

 Seberapa Menolong

Terkait dengan seberapa membantunya VDC  dalam mencegah dari kecelakaan, Anton mengaku sulit menjawabnya. Namun, dirinya menyebut fitur tersebut paling tidak membantu pengemudi mengendalikan kendaraannya.

“Soal seberapa efektif dan berapa persentasenya sulit menjawabnya, karena tergantung pengemudi juga. Karena itu penggunaan VDC untuk membantu pengemudi supaya lebih mudah saja mengontrol mobilnya,” kata Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.