Mengenal CVT Datsun Cross, Ada Mode Sport - Kompas.com

Mengenal CVT Datsun Cross, Ada Mode Sport

Kompas.com - 31/01/2018, 17:26 WIB
Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018). Selain punya transmisi manual 5-percepatan, Cross juga ditawarkan dengan CVT.Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018). Selain punya transmisi manual 5-percepatan, Cross juga ditawarkan dengan CVT.

Jakarta, Kompas.com – Sejak pertama kali muncul di Indonesia pada 2014, Datsun belum pernah punya pilihan transmisi otomatis. Sampai akhirnya, model ketiga, Cross mendebut di dunia pada dua pekan lalu.

Cross ditawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan CVT (Continously Variable Transmission). Khusus buat CVT ternyata komponennya sama dengan CVT Nissan March dan dengan Grand Livina. Penyuplainya juga sama yaitu anak perusahaan Nissan, Jatco (Japanese Automatic T ransmission Company). 

“Penyuplainya sama, tapi ukurannya berbeda. CVT Cross lebih kecil bila dibandingkan Grand Livina. Dibanding March hampir sama,” kata Masayuki Ohsugi, GM R & D Nissan Motor Indonesia, di Jakarta, Sabtu (27/1/2018).

Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018).Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Mode Sport

Pada modul CVT yang ada di kabin Cross, terlihat berbagai pilihan yaitu “P”, “R”, “N”, “D”, dan “L”. Selain itu pada gagang sebelah kanan terdapat tombol kecil yang fungsinya mengatur mode berkendara.

Cross CVT memiliki dua mode berkendara, yaitu normal dan sport. Ketika mode sport aktif, ada petunjuk warna hijau bertuliskan “sport” di instrument cluster.

KompasOtomotif sempat mengemudikan Cross singkat pada akhir pekan lalu, perpindahan gigi pada mode normal bakal terasa di 5.500 rpm saat pedal gas diinjak penuh. Pada kondisi sama di mode sport, penggantian gigi di kisaran 6.000 rpm.

Baca: Tes Datsun Cross, Bising, Limbung, dan Getar Berkurang Drastis

Mode sport mungkin saja juga berfungsi sebagai fitur overdrive yang berguna untuk mengail tenaga dengan cepat saat ingin mendahului kendaraan lain. Secara keseluruhan, karakter CVT Datsun halus dan menawarkan kenyamanan lebih signifikan dari model Datsun lainnya.


EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X