Menyulap Kabin Mobil Layaknya Kamar Hotel Bintang 5 - Kompas.com

Menyulap Kabin Mobil Layaknya Kamar Hotel Bintang 5

Kompas.com - 26/04/2018, 16:21 WIB
Modifikasi kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Luxury Auto Design yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Luxury Auto Design yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).

Jakarta, KOMPAS.com - Jasa modifikasi kabin mobil kini semakin marak. Dengan modifikasi ini, kabin bisa diubah senyaman mungkin, bahkan sudah seperti kamar tidur di rumah sendiri.

Sandaran jok tidak sekedar bisa disetel di kemiringan 45 derajat, tapi bisa dibuat rebah. Belum lagi material pembungkus jok yang digunakan juga menggunakan bahan kulit berkualitas.

Alas pada pijakan kaki juga dilengkapi bantal khusus. Sehingga posisi jok benar-benar sudah seperti kasur.

Model jok yang digunakan Baze Luxury Bus Specialist untuk layanan modifikasi kabin mobil seperti yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Model jok yang digunakan Baze Luxury Bus Specialist untuk layanan modifikasi kabin mobil seperti yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).

Guna menambah kenyaman, kabin juga dilengkapi televisi layar datar dengan ukuran layaknya di rumah.

Dari atas jok, penumpang bisa menyetel tayangan melalui remote khusus. Tak cukup sampai di situ, jok juga dilengkapi meja kecil yang bisa dilipat. 

TV layar datar yang terpasang pada kabin hasil ubahan Lombardi Auto IndonesiaKompas.com/Alsadad Rudi TV layar datar yang terpasang pada kabin hasil ubahan Lombardi Auto Indonesia

Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, ada beberapa rumah modifikasi kabin yang menawarkan jasanya, salah satunya Lombardi Auto Indonesia.

Lombardi menawarkan ubahan khusus untuk Toyota Alphard dan Toyota Vellfire. Ada dua paket yang ditawarkan, masing-masing di harga Rp 250 juta dan Rp 800 juta.

Pada ubahan kabin dengan paket harga Rp 800 juta, kabin di baris kedua dan ketiga disatukan menjadi hanya tersedia dua jok. Guna menunjang agar penumpang bisa lebih betah di dalam mobil, kabin juga dilengkapi televisi layar datar berukuran 40 inci. 

Ubahan kabin mobil yang ditawarkan Lombardi Auto Indonesia.Lombardi Auto Indonesia Ubahan kabin mobil yang ditawarkan Lombardi Auto Indonesia.

Pemilik Lombardi Auto Indonesia, Andrew Laksana mengatakan, paket ubahan kabin mewah diilhami cerita para pemilik mobil yang menginginkan kendaraan yang nyaman saat terjebak di tengah kemacetan.

Baca juga : Suasana Kabin Wuling Cortez Sambil Keliling Jawa Tengah

"Kami coba menyuguhkan tren baru yang direalisasikan melalui produk kabin mobil layaknya first class di pesawat. Tapi bisa dinikmati setiap hari," kata Andrew saat ditemui di arena IIMS di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Paket ubahan kabin lainnya ditawarkan Lombardi dengan harga Rp 250 juta. Pada paket ini, konfigurasi tempat duduk tetap mempertahankan bawaan pabrik. Artinya posisi jok di baris kedua dan ketiga tidak mengalami ubahan.

Namun fitur hiburan akan tetap dipertahankan. Andrew menyatakan nuansa kabin hasil dari ubahan di paket ini tetap akan lebih nyaman dibanding kabin standar bawaan pabrik.

Ubahan kabin mobil yang ditawarkan Lombardi Auto Indonesia.Kompas.com/Alsadad Rudi Ubahan kabin mobil yang ditawarkan Lombardi Auto Indonesia.

Rumah modifikasi lainnya yang menawarkan jasa ubahan kabin adalah Baze Luxury Bus Specialist. Baze bahkan menawarkan paket sekaligus dengan mobil. Salah satunya Toyota Hi Ace yang dibanderol Rp 700 juta.

Kabin mobil tersebut sudah dilengkapi TV layar datar beserta fitur pendukung lainnya. Dengan fitur pendukung ini, penumpang bisa berkaraoke di dalam kabin.

Baca juga : Test Drive: Merasakan Sensasi Berada di Kabin Xpander

Bila tidak sekaligus dengan mobil, paket ini dibanderol pada harga Rp 230 juta.

"Kalau sudah ada unitnya bisa tinggal langsung datang," ucap Bari Setiadi, punggawa dari Baze.

Ubahan kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Baze Luxury Bus Specialist yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Ubahan kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Baze Luxury Bus Specialist yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).

Tak cuma di Hi Ace, Bari menyebut paket ini juga bisa dipasang di Alphard, Vellfire, Land Cruiser bahkan Innova.

Baca juga : Kemewahan Kabin Pesaing Rolls Royce dari Toyota

Menurut Bari, paket Rp 230 juta yang ditawarkan merupakan paket standar. Konsumen juga bisa memesan paket yang lebih murah ataupun lebih mahal. Tentunya sesuai permintaan konsumen.

"Kami pernah bikin paket Rp 150 juta untuk Innova sama Rp 250 juta untuk Land Cruiser," kata Bari.

Modifikasi kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Baze Luxury Bus Specialist yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Baze Luxury Bus Specialist yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).

Paket modifikasi kabin lainnya yang bisa ditemukan di IIMS 2018 adalah dari Luxury Auto Design. Bertempat di Hall B JIExpo, Luxury Auto Design memamerkan salah satu Toyota Hi Ace yang kabinnya sudah dimodifikasi dengan paket seharga Rp 1 miliar.

Pada paket ini, Hi Ace standar yang tadinya terdiri atas empat baris, diubah menjadi hanya dua baris dengan menyisakan empat jok.

Baca juga : Toyota New Yaris Punya Kabin dan Bagasi Luas

"Kami juga punya paket yang lebih murah menyesuaikan dengan permintaan konsumen," kata seorang tenaga pemasaran, Dedy.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X