Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumitnya Penanganan Kabin Mobil yang Terendam Banjir

Kompas.com - 08/02/2018, 13:25 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Depok, KOMPAS.com - Selain mesin, sektor lain dari mobil yang biasanya kena dampak apabila terendam banjir adalah interior. Dalam banyak kasus, sisa banjir yang merendam interior meninggalkan lumpur tebal yang mengotori lantai, karpet, jok hingga dashboard.

Relatif sulit untuk membersihkan kotoran di interior mobil bila kondisinya sudah sangat parah, apalagi di bagian-bagian yang sempit. Namun bila dibiarkan, kotoran ini bisa meninggalkan bau tak sedap. Bengkel-bengkel resmi biasanya hanya melayani perbaikan mesin, namun tidak melayani jasa pembersihan interior bila kondisinya parah.

Baca juga : Tips Cerdas Bila Mobil Terendam Banjir

Menurut Service Manager Auto2000 Depok, Deni Andrian, pembersihan interior oleh bengkelnya hanya meliputi bagian karpet. Namun tidak menyeluruh ke bagian lain, seperti jok. Sebab jok yang kondisinya sudah terlalu kotor harus dibongkar dan membutuhkan waktu khusus untuk membersihkannya.

Untuk membersihkan interior, Deni menyarankan pemilik mobil untuk pergi ke jasa cuci mobil yang melayani pembersihan menyeluruh atau car detailing.

Pemasangan Peredam di Kabin MobilCartens Pemasangan Peredam di Kabin Mobil

Hadiyatma, pemilik dari Qals Auto Care yang melayani car detailing mengatakan, butuh waktu sekitar seminggu untuk membersihkan interior mobil yang terendam banjir. Saat proses pembersihan, seluruh jok mobil akan dibongkar.

"Kalau sudah kotor semua karena terendam harus dibongkar semua, termasuk seluruh jok," kata Adit saat ditemui Kompas.com di bengkelnya di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas, Depok, Rabu (7/2/2018).

Baca juga : Jangan Pernah Nekat Terobos Banjir

Untuk membersihkan interior mobil yang kotor karena banjir, Adit menyebut diperlukan cairan khusus untuk menghilangkan noda yang menempel. Untuk kotoran yang menempel di jok akan disedot lebih dulu dengan vacuum cleaner.

Ilustrasi Kabin Mobilstanly Ilustrasi Kabin Mobil

Menurut Adit, jok yang sudah dibersihkan nantinya akan dikeringkan dengan alat pengering. Namun untuk hasil terbaik, jok tetap akan dijemur mengandalkan panas sinar matahari. Kondisi inilah yang disebutnya bisa memakan waktu lama. Karena jika cuaca tidak mendukung, maka proses pengeringan jok tidak bisa dilakukan.

Baca juga : Mobil Bukan Perahu, Jadi Jangan Nekat Terobos Banjir!

"Sebagus apapun pakai dryer, tetap hasil terbaik jika dijemur langsung pakai sinar matahari. Karena sinar matahari bisa menghilangkan lembab," ucap Adit.

Sepengalamannya membersihkan mobil-mobil bekas banjir, Adit menyebut ongkos jasa yang dikenakan mencapai sekitar Rp 3 jutaan.

Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.Kompas.com/Alsadad Rudi Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com