Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rata-rata Konsumsi BBM Mesin Baru Ertiga

Kompas.com - 22/04/2018, 07:21 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu yang menarik perhatian dari kehadiran All New Ertiga adalah penggunaan mesin baru. Mesin K15B 1.5L 1.500 cc menggantikan mesin lama K14B dari Ertiga sebelumnya.

Bertambahnya kubikasi mesin membuat konsumen bertanya, bagaimana dengan konsumsi bahan bakar di All New Ertiga ini. Ternyata PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah memiliki jawabannya.

"Untuk transmisi manual itu kami mencapai 18,09 km per liter. Sedangkan transmisi otomatis 16,73 km per liter. Hasil ii didapat berdasarkan uji dari pihak ketiga yakni Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP)," ucap Direktur Marketing 4W PT SIS Donny Saputra beberapa waktu lalu.

Donny mengungkapkan hasil ini meningkat dari konsumsi Ertiga sebelumnya. Sehingga meski kubikasi mesin meningkat dan selisih 10 hp dari mesin sebelumnya, efisiensi juga ikut meningkat.

Baca juga : Perbandingan Ertiga 2018 dan Xpander di Atas Kertas

Mesin K15B 1.5L 1.500 cc DOHC VVT ini mampu menghasilkan tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Suzuki mengungkapkan mesin baru ini memiliki dimensi yang lebih kecil yang berakibat pada bertambahnya ruang untuk interior. Suzuki juga mengklaim mesin baru ini lebih tenang dan minim getaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com